Archives


2015

Vol 13, No 1 (2015)

Jurnal Tesa Arsitektur edisi Desember 2013 ini mengambill beberapa judul tentang rumoh Aceh, rumah produktif dan rumah tinggal di sekitar Kraton Sumenep. Beberapa topik permukiman yang lain adalah mengenai peran sosial budaya dalam pengembangan permukiman perkotaan, wayfinding sebagai solusi petunjuk arah di kawasan wisata Desa Gunung Pring Muntilan. Topik berikutnya tentang sense of Place Kota Bogor

2014

Vol 12, No 1 (2014)

Jurnal Tesa Arsitektur edisi Juni 2014 ini mengambil isu sebagai berikut: Model Ragam Hias Joglo Ponorogo, Pengembangan Model Desain Rumah Ramah Gempa di Daerah Tasikmalaya yang Diinspirasi Arsitektur Tradisional Sunda, Konservas; Energi Rumah Tinggal Berbasis Budaya Masyarakat Sunda, Korelasi Kinerja Spasial Penumahan dengan Kepuasan Penghuni, Dampak Spasial Kehadiran Kampus, dan tentang Revitalisasi Kota Lama.
Kami berharap kajian-kajian di atas dapat memberikan wawasan bagi pembaca.

Selamat membaca

2013

Vol 11, No 1 (2013)

Jurnal Tesa Arsitektur edisi Juni 2013 ini ada perubahan sampul dan ukuran agar tampilan jurnal lebih sesuai dengan ketentuan.

Topik tentang human settlement, menampilkan judul pengaruh mitos pada bentukan ruang bermukim di desa Ngadas Malang, struktur ruang permukiman suku Atoni di Kabupaten Timor Tengah Utara, pola pembagian lahan pekarangan di rumah tradisional Jawa berdasarkan pembagian warisan, desain rumah Heinz Frick yang ramah lingkungan dan terjangkau, dan peran balkon pada rumah susun dan apartemen, Kami berharap kajian-kajian di atas dapat memberikan wawasan bagi pembaca.

Selamat membaca

2012

Vol 10, No 1 (2012)

Jumal Tesa Arsitektur yang mengambil spesialisasi tentang Arsitektur Rumah Tinggal, pada edisi Juni 2012 ini dimuat enam artikel. Tiga judul pertama membahas tentang tipologi dan morfologi arsitektur rumah tinggal, yaitu tentang tipologl bangunan rumah tinggal adat Sunda di Kampung Naga Jawa Barat; perubahan morfologi rumah tinggal di Kampung Arab Kota Malang; tipologi ragam hias rumah tinggal keluarga Bakri Zaed di Baluwarti Surakarta. Bahasan selanjutnya berkaitan erat dengan aspek adat istiadat masyarakat, yaitu tentang pela hun ian tempat tinggal masyarakat Tengger di Oesa Wenekitri, Kabupaten Pasuruan; dan pengaruh mazhab Yin Yang pada arsitektur rumah tinggal kune China di lasem. Hal lain yang melengkapi ada satu artikel tentang kajian awal terhadap kondisi pencahayaan alami pada bangunan rumah limas. Kami berharap kajian-kajian di atas dapat menambah wawasan bagi pembaca.
Selamat membaca.

1 - 7 of 7 Items