DAMPAK SPASIAL KEHADIRAN KAMPUS UNIVERSITAS DIPONEGORO 01 KAWASAN TEMBALANG SEMARANG (The Spatial Impact of the College Attendance at Diponegoro University Area of Tembalang Semarang)

Yonathan Prasetyo, Paulus Hariyono

Abstract


Suatu lokasi bila terdapat fasilitas umum seperti pendidikan tinggi akan memiliki multiplier effect. Gejala ini terjadi pada perpindahan kampus Universitas Diponegoro (Undip) dari Pleburan ke Tembalang Semarang pada sekitar tahun 2010. Di lokasi kampus yang baru, di Tembalang yang semula sepi, kehadiran Undip antara lain memberikan dampak spasial yang signifikan. Gejala ini menarik untuk diteliti. Oari gambaran terse but, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kehadiran kampus Undip di Tembalang dari aspek spasial. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kondisi pertumbuhan spasial pada zona 1, 2, 3, dan 4.

Kata kunci: dampak kehadiran kampus, spasial.

Keywords


dampak kehadiran kampus, spasial

Full Text:

download

References


Hadi, Sutrisno. 1985. Metode Penelitan Reseach Uilid I). Yogyakarta: Fakultas Psikologi.

Gallion, A.B. and Eisner S. 1986. The Urban Pattem. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Maki, Fumihiko .2003. The Architecture of Fumihiko Maki: Space, City, Order, and Making.

Shirvani, Hamid.1985. The Urban Design Process

Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Padang: Badoose Media.

Trancik, Roger.1986. Theories Of Urban Design.Canada: Acid-free paper.

Triton Prawira Budi. 2006. Strategi Hidup dan Belajar Mahasiswa Indekos (cetakan 1). Yogyakarta: Tugu Publisher.

Zahnd, Markus. 2006. Perancangan Kota Secara Terpadu: Teori Perancangan Kota dan Penerapannya. Yogyakarta: Kanisius.

Internet:

Asal Mula Nama Desa Tembalang Semarang. Surya Wisata pukul 13.36 http://suryawisatapkl.blogspot.com/2010/09/asal-mula-nama-desa tembalang semarang.html

www.google map, 2014




DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v12i1.97

ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.