PENGEMBANGAN MODEL DESAIN RUMAH RAMAH GEMPA 01 DESA JAYAPURA KECAMATAN CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA PROVINSI JAWA BARAT ATAS DASAR INSPIRASI ARSITEKTUR TRADISIONAL SUNDA (Developing Models of the Earlhquake Resistant Housing Design Based on Tradition

Nuryanto -, Riskha Mardiana, Lilis Widaningsih

Abstract


Desa Jayapura yang berada di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya-Jawa Barat merupakan salah satu desa yang sering diguncang gempa, terutama peristiwa gempa terbesar tahun 2009 dengan kekuatan 6.8 SR berpotensi Tsunami. Akibat peristiwa tersebut, banyak menimbulkan kerusakan bangunan, terutama rumah penduduk yang hancur, seperti pada dinding dan atapnya.Peristiwa gempa tersebut menjadi latar belakang dan masalah dilakukannya penelitian tentang pengembangan model desain rumah ramah gempa yang lokasinya di Desa Jayapura Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya-Jawa Barat atas dasar Inspirasi Arsitektur Tradisional Sunda.Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif.Arsitektur lokal yang menjadi studi banding yaitu Kampung Naga, Dukuh, dan Kuta.Fokus penelitian ini bukan pad a kekuatan struktur, tetapi pada arsitektur yaitu bentuk rumah panggung yang dapat dikembangkan menjadi model rumah ramah gempa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk rumah panggung dengan sistem kolong yang terdiri dari umpak, bilik, dan ijuk ternyata secara arsitektural dapat dikembangkan sebagai alternatif model desain rumah ramah gempa, karena tampilannya ringan dan elastis.Oisamping itu, bentuk atap yang unik seperti julang ngapak, badak heuay, jolopong, capit gunting, dan tagog anjing menambah bentuk rumah tersebut semakin indah.

Kata kunci: Model desain, rumah ramah gempa, Arsitektur Tradisional Sunda

Keywords


Model desain, rumah ramah gempa, Arsitektur Tradisional Sunda

Full Text:

download

References


Adimihardja, Kusnaka. 1995. Sejarah Perkembangan Masyarakal di sekilar Gunung Salak, Gunung Gede Pangrango dan Gunung Halimun. Bandung: Tarsito.

Adimihardja, Kusna.ka dan Purnama Salura. 2004. "Arsiteklur dalam Bingkai Kebudayaan" (Cetakan Pertama) Bandung: Archileclure & Communication, Forish Publishing.

Cowan, Henry J & Wilson, Forrest. 1981. "Structure System". New York: Van Nostrand Reinhold Comp.,

Frick, Heinz & Purwanto, LMF. 1988. "Sistem Bentuk Struktur Bangunan". Yogyakarta; Kanisius.

Frick, Heinz, 2002. "Sistem Struktur dan Utilitas Bangunan". Yogyakarta: Kanisius.

Frick, Heinz & Hesti M, Tri. 2006. "Pedoman Bangunan Tahan Gempa". Yogyakarta: Kanisius.

Fajria Rifati, Heni. 2002. "Kampung Adal dan Rumah Adal di Jawa Baraf'. Bandung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata-Jawa Barat.

Garna, Yudistira.1984. "Pola Kampung dan Desa, Benluk serta Organisasi Rumah Masyarakat Sunda". Bandung: Pusat Ilmiah dan Pengembangan Regional (PIPR) Jawa Barat.

Levy, Mathys & Salvadori, Mario. 1992. "Why Buildings Fall Down". New York: Ww. Norton & Compo

Nuryanto (2012): "Model Desain Pengembangan Polensi Desa Wisala di Kab. Bandung-Jawa Baral Berbasiskan Arsiteklur Tradisional Sunda". Laporan Penelitian Pembinaan Dosen Muda, Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, LPPM-UPI;

Nuryanto (2013): "Model Desain Rumah Ramah Gempa di Desa Jayapura Kab. Tasikma/aya Berbasiskan Arsiteklur Tradisional Sunda". Laporan Penelitian Pembinaan Dosen Muda, Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, LPPM-UPI;

Nurjaman (2008): "Sistem Bangunan Gempa

Bumi", Djambatan, Jakarta;

Papanek, Victor (1995) "The Lesson of Vernacular Architecture, in Green Imperative", Thames in Hudson, New York;

Suryamanto, W. 2002 "Struktur dan Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah". ITS, Sandung.




DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v12i1.95

ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.