MODEL RAGAM HIAS JOGLO PONOROGO (Aesthetic Decorative Models of Joglo Ponorogo)

Gatot Adi Susilo

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan beberapa alasan. Pertama, karena ada kekhawatiran diakuinya joglo Ponorogo sebagai prod uk budaya negara lain. Kedua, perlu dikembangkan pengetahuan arsitektur Nusantara. Ketiga, tipe bangunan joglo di Ponorogo dimiliki oleh rakyat biasa. Keempat, ragam hias merupakan bag ian kecil dari sosok arsitektur, namun kehadirannya menentukan identitas arsitektur, khususnya arsitektur tradisional. Tujuan dalam menetapkan model ragam hias joglo Ponorogo adalah untuk mengetahui posisi, bentuk, pola, dan motif ragam hias. Dengan menggunakan delapan sampel rumah joglo di Kabupaten Ponorogo data berupa segala ragam hias diambil gambarnya. Data berupa gambar dari delapan sampel dikelompokkan tiap elemen, yaitu elemen wuwungan, dadapeksi, gonjo, emprit gandil, santen, soko dan tumpangsariftumpang. Setelah dikelompokkan tiap elemen baru dilakukan pembandingan, dan menganalisa bentuk, pola, motif, metode ragam hias. Kerumitan ragam hias, dan posisi ragam hias dapat digunakan untuk menunjukkan kualitas bangunan dan dapat menunjukkan tingkat ekonomi pemiliknya. Ragam hias sebagai elemen estetika dihadirkan dalam bentuk tampilan berupa' proporsi, dengan penambahan elemen dan menghadirkan dekorasi. Dekorasi yang digunakan sebagian besar menggunakan ukiran dengan motif flora dan dikembangkan dengan pola simetris. Membuat dan memasang adalah metode yang dilakukan dalam pembuatan dekorasi.

Kata Kunci: ragam hias, joglo, joglo ponorogo.

Keywords


ragam hias, joglo, joglo ponorogo.

Full Text:

download

References


Susilo, GA. 2000a. "Kawruh Kalang Arsitektur Ponorogo" (Tesis tidak dipublikasikan). Surabaya: PPS Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Susilo, GA. 2009b. "Joglo Ponoragan (Pembakuan Proporsi Joglo Ponorogo)" (Laporan Penelitian Dosen Muda, tidak diterbitkan). Jakarta: DP2M Ditjen Dikti.

___' "Serat Cariyos Bab Kawruh Kalang; Sasrawiryatma, R (1858-1928)"; Naskah (tidak dipublikasikan).

Iswanto, Dhanoe. 2008. "Aplikasi Ragam Hias Jawa Tradisional Pad a Rumah Tinggal Baru" dalam Jurnal Enclosure Vol: 7 No: 2 p.p. 90-97.

Supriyadi, B. 2008. "Kajian Ornamen pada Masjid Bersejarah Kawasan Pantura Jawa Tengah" dalam Jumal Enclosure Vol: 7 No: 2 p.p.106-121.




DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v12i1.93

ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.