TANTANGAN ANTARA PELESTARIAN DAN PERUBAHAN FUNGSI RUANG TRADISIONAL AKIBAT PENGARUH KEGIATAN INDUSTRI RUMAH TANGGA Studi Kasus : Rumah Tinggal Tradisional Kudus

riandy tarigan

Abstract


Perkembangan kegiatan industri kecil dan rumah tangga serta kegiatan perdagangan sangat pesat sebagai upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Rumah tradisional merupakan rumah dengan tradisi yang turun temurun, namun di sisi lain rumah berkembang sebagai kegiatan ekonomi-produktif. Perkembangan ini merupakan isu penting dalam tatanan ruang arsitektur tradisional yang berkaitan dengan guna dan citra tradisional.
Bertumbuhnya kegiatan industri di dalam rumah tradisional akan terjadi perubahan fungsi ruang untuk menyesuaikan kebutuhan terhadap kegiatan industri tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perubahan cara pandang penghuni terhadap makna fungsi rumah tradisional dan bagaimana penghuni mengantisipasi makna fungsi tradisional tersebut ke dalam perubahan tata ruang sebagai akibat dari tumbuhnya kegiatan industri.
Metode penelitian adalah metode deskriptif-kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap penghuni rumah tradisional. Analisa dilakukan dengan membandingkan melalui peta perubahan fungsi ruang saat ini dengan makna ruang tradsioan masa lalu. Dari analisa ini akan ditetapkan mana ruang yang mempunyai sifat dan kedudukan pola ruang tradisional yang tetap dan yang telah berubah. secara umum, temuan dari penelitian ini adalah tata ruang tradisional relatif tidak berubah. Perubahan terhadap fungsi ruang terjadi di pawon dan jogo satru. sedangkan fungsi dari senthong, gedhongan, jogan dan kamar mandi relatif tetap. Perubahan mendasar adalah penambahan bangunan baru di sekitar bangunan tradisional dan penambahan kamar mandi ke dalam rumah tradisional.

Save to Mendeley



Keywords


perubahan, ruang tradisional, kegiatan industri dan perdagangan, Kota Kudus.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24167/tes.v14i1.689

DOI (PDF): https://doi.org/10.24167/tes.v14i1.689.g572

ISSN cetak 1410-6094 | ISSN online 2460-6367 | TERAKREDITASI : 2/E/KPT/2015 View My Stats