STRES DAN SENSE OF HUMOR PADA GURU SLB C

Esthi Rahayu, Emmanuela Hadriami

Abstract


Sekolah Luar Biasa Bagian C adalah sekolah untuk siswa-siswa yang tergolong
retardasi mental. Karaktertisk siswa, mereka kurang mampu menangkap pelajaran secara
cepat. Guru perlu banyak mengulang materi agar siswa dapat memahami pelajaran.
Perilaku mereka juga bervarasi, ditambah dengan orangtua siswa yang kadang kurang
memahami keterbatasan pada anak mereka. Selain tuntutan dalam metode mengajar,
guru juga dituntut untuk menyelesaikan masalah admisnistrasi setiap semester. Kondisi
ini memunculkan stres pada guru SLB C. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres
adalah sense of humor. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif
antara sense of humor dengan stres. Jumlah subjek penelitian ada 30 guru SLB C (guru
SLB C Hj. Soemijati, SLB C Swadaya, SLB C Pelita Ilmu). Hasil penelitian: hipotesis
yang diajukan oleh kami, ditolak (r xy = 0,248 dengan p > 0,05). Hasil penelitian yang
diketemukan oleh kami adalah tidak ada hubungan antara sense of humor dengan stres
pada guru SLB C.

Keywords


stres, sense of humor

Full Text:

PDF

References


Abel, MH. 2002. Humor, stress, and coping. Humor, 15, 365-381.

Cann, A., Norman, M. A., Welbourne, J., & Calhoun, L. G. 2008. Attachment styles, conflict styles and humor styles: Interrelationships and associations with relationship satisfaction. European Journal of Personality, 22, 131146.

Celso, BG., Ebener, DJ., Burkhead, E.J. 2003. Humor coping, health status, and life satisfaction among older adults residing in assisted living facilities. Aging Mental Health, 7(6), 438-445.

Dewi, KS. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press.

Prameswari, D. 2005. Stres Kerja Pada Guru Bagian C Ditinjau Dari Kecerdasan Emosi. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Univsersitas Katolik Soegijapranata.

Harsono, YSBD. 2011. Hubungan Sense of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa Psikologi Yang Sedang Menyusun Skripsi. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Univsersitas Katolik

Soegijapranata.

Hartanti. 2008. Apakah Selera Humor Menurunkan Stres ? Sebuah Metaanalisis. Anima, Indonesian Psychological Journal, Vol. 24, No. 1, 38-55.

Hariyanti, M. 2004. Tinjauan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Luar Biasa Widya Bhakti Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan).Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Jose, H., Parreira, P., Thorson, J.A., Allwardt, D. 2007. A Factor-Analytic Study of the Multidimensional Sense of Humor Scale with a Portuguese Sample. North American Journal of Psychology, Vol. 9, No. 3, 595-610.

Julie, A.S., Nicholas, G.M., Michael, L., Phillip, A.V. 2013. The general factor of personality and humor styles. Personality and Individual Differences , 54, 890893

Kuiper, N. A., Grimshaw, M., Leite, C., & Kirsh, G. 2004. Humor is not always the best medicine: Specific components of sense of humor and psychological wellbeing. Humor, 17, 135168.

Laura. 2007. Pengaruh Humor dan Tertawa Terhadap Berbagai Keluhan dan Penyakit Yang Berhubungan Dengan Stres (Studi Pustaka). Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha.

Martin, R. A., Puhlik-Doris, P., Larsen, G., Gray, J., & Weir, K. 2003. Individual differences in uses of humor and their relation to psychological well-being: Development of the Humor Styles Questionnaire. Journal of Research in Personality, 37, 4875

Matthew, M. dan Jasmin, T,Mc, 2007. Relations of humor with perceptions of stress. Psychological Reports. 101, 1057-1066.

Miswanti; Hasan, M dan Zaini, A. 2013. Faktor-faktor Penyebab Guru Stres Pada Cara Belajar Anak Tunagrahita di SLB Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi (tidak diterbitkan). Sumatera barat: STKIP PGRI.

Nicholas, A.K. dan Nicola, M. 2009. Humor Styles as Mediators Between Self-Evaluative Standards and Psychological Well-Being. The Journal of Psychology, 143(4), 359376

Pamungkas, HF. 2006. Studi Deskripstif Stres dan Motivasi Mengajar Guru di SLB C. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Rahmanadji, D. 2007. Sejarah, Teori, Jenis dan Fungsi Humor. Bahasa dan Seni, Tahun 35, No. 2, 213- 221.

Rumondor, PCB. 2007. Hubungan Dimensi Humor Styles Dengan Stres Pada Mahsiswa Tahun Pertama. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sakinatuzaroh, A. 2004. Gambaran Stressor dan Coping Stres Pada Guru Yang Mengajar Anak Retardasi Mental. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul.

Sari, NR. 2009. Hubungan Antara Sense of Humor Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Simatupang, O.S. 2014. Pengaruh Sense of Humor Terhadap Stres Pada Remaja Kelas Akselerasi di Kota Medan. Skripsi (tidak diterbitkan). Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset

Sukoco, ASP. 2014. Hubungan Sense Of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi. Calyptra, Vol. 3, No. 1. 1-10

Supriyono, Y dan Lestari, S. 2014. Pengaruh Humor Terhadap Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Brawijaya Malang. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

Szabo, A. 2003. The acute effects of humor and exercise on mood and anxiety. Journal of Leisure Research, 35, 152-162.

Thorson, JA dan Powell, FC. 1993. Sense of Humor and Dimensions of Personality. Journal of Clinical Psychology, Vol 49, No 6, 799-809.




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v14i2.899

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.