STUDI DESKRIPTIF IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS ANAK BERBAKAT DI KELAS AKSELERASI

Gabriella Larasati, A. Rachmad Djati Winarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan psikologi anak berbakat di kelas akselerasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan total subjek sebanyak 20 orang terdiri dari 14 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Semarang. Untuk mengungkap kebutuhan-kebutuhan psikologis digunakan tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) sebagai metode utama dan wawancara sebagai metode pendukung. Hasil penelitian menunjukkan lima kebutuhan tertinggi dan lima kebutuhan terendah. Lima kebutuhan tertinggi yaitu kebutuhan akan penonjolan diri (need of exhibition), kebutuhan penyesuian diri (need of intraception), kebutuhan berprestasi (need of achievement), kebutuhan menguasai (need of dominance), kebutuhan akan perubahan (need of change). Selanjutnya lima kebutuhan terendah yaitu kebutuhan keteraturan (need of order), kebutuhan kemandirian (need of autonomy), kebutuhan diperhatikan (need of succorance), kebutuhan heteroseksual (need of heterosexuality), kebutuhan menghormati (need of deference).

Save to Mendeley



Keywords


Kebutuhan Psikologis, Anak Berbakat, Kelas Akselerasi.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Luar Biasa Dirjenmandikdasmen Depdiknas RI. 2007. Penatalaksanaan Psikologi Program Akselerasi. Jakarta: Depdiknas Press.

Hawadi, R.A., Wihardjo, R.S., Wiyono, M. 2001. Kurikulum Berdiferensiasi. Jakarta: PT. Grasindo

____________. 2004. Akselerasi A-Z Informasi Program Percepatan Belajar & Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: PT. Grasindo.

Kaplan, R.M dan Saccuzzo D.P. 2005. Psychology Testing: principles, applications, issues. Belmont: Thomson Wadsworth. (Sixth Edition)

Munandar, U. 1982. Pemanduan Anak Berbakat. Suatu Studi Penjajakan. Jakarta: Rajawali

___________. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

___________. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati, F.D dan Surodijono, S.H. 2007. Penyesuaian Sosial Remaja Berbakat Dalam Menjalin Hubungan Persahabatan. Gifted Review Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas. Vol. 01. No. 01 (34-46)

Richards, J., Encle, J., Shute, R. 2003. The Emotional Adjustment of Intellectually Gifted Adolescents: a multi-dimensional multi-informant approach. High Ability Studies. Vol. 14. No. 2 (153-164)

Semiawan, C. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Siegle, D., Wilson, H.E., Little, C.A. 2013. A Sample of Gifted and Talented Educators Attitude About Academic Acceleration. Journal of Advanced Academics. Vol. 24. No. I (27-51)

Somantri, T . 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Trisni, L dan Primastuti, E. 2013. Modul Tes Psikologi 3 : Inventory. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20/2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widyorini, E. 2014. Modul Praktikum Psikologi dan Anak Berbakat. Semarang: Fakultas Piskologi Unika Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Van Tiel, J.M dan Widyorini, E. 2014. Deteksi dan Penanganan Anak Cerdas Istimewa (Anak Gifted) Melalui Pola Alamiah Tumbuh Kembangnya. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.




Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 www.reliablecounter.com
song mixer online