PENGARUH METODE BERCElUTA TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI MARAH ANAK DI ])ALAM KELAS

Vista Mulyandasari, Lucia Hernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik pengaruh metode bercerita terhadap pengendalian emosi marah anak di dalam kelas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh metode bercerita terhadap pengendalian emosi marah anak di dalam kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu SD Kristen Lentera Ambarawa. Subyek penelitiannya berjumlah 10 orang yang termasuk kategori sulit melakukan pengendalian emosi marah dan sering melakukan pengungkapan emosi marah dengan perilaku memuku~ mendorong, mencubit atau menendang temannya di kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Desain eksperimen yang digunakan One Group Pretest-Posttest Design. Selanjutnya data dianalisa dengan metode Wilcoxon Signed rank test. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima dengan nilai Z sebesar - 2,805 dengan p

Keywords


Metode bercerita, pengendalian emosi marah

Full Text:

download file

References


Albin, R.S., 2010. Emosi: Bagaimana Mengenal, Menerima dan Mengarahkannya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Asfandiyar, A.y. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Dar Mizan.

Christiana, G., Eriany, P. & Goeritno, H. 2008. Pembelajaran Perilaku Menolong pada Anak TK Melalui Bercerita dengan Panggung Boneka. Psikodimensia 7(2), 120-131.

Daengsari, D.P. 2009. Perkembangan Emosi Si Prasekolah. www.tabloidDlkitA.com

Diunduh 15 Oktober 2012

Finkenauer, C., Engels, R.C.M.E & Baumeister, R.F. 2005. Parenting Behavioral and Adolescent Behavioural and Emotional Problems: The Role of Self-Control. International Journal of Behavioral Development 29(1),58-69.

Hurlock, B.B. 2008. Perkembangan Anak. JakartA: Penerbit Erlangga

Moeslihatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di TK. Jakarta: PT Rineka

Musfiroh, T. 2008. Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana

Peters, P.T.G & Fox, N.A. 2007. Cross-cultural Differences in Children's Emotional Reaction to a Disappointing Situation. International Journal of Behavioral Development 31(2), 161-169

Safaria, T & Saputra, N.B. 2009. Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara

Saphiro, 'L.E. 1999. Mengajarlcon Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sarumpaet, R.I. 1996. Rahasia Mendidik Anak. Bandung: Indonesia Publishing House

Strongman, K. T. 2003. The Psychology of Emotion: From Everyday Life to Theory. New Zealand: Wiley

Subyantoro.2007. Model Bercerita untuk Meninglcatkan Kecerdasan Emotional anaIc. Semarang: Rumah Indonesia

Werle, G.D. 2004. The Lived Experience of Violence: Using Storyteling as a Teaching Tool with Middle School Students. The Journal of School Nursing 20, 81-87




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v12i1.43

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.