PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA PUTERI PENDERITA LUPUS

Lucia Regina Arnita Citra, Praharesti Eriany

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri dan tahapan-tahapan dalam penerimaan diri pada remaja putri penderita Lupus. Subjek penelitian berjumlah tiga orang, dengan karakteristik usia 13- 18 tahun, minimal telah hidup dengan penyakit Lupus selama dua tahun, tergabung dalam Komunitas Panggon Koepoe Semarang dibawah naungan Yayasan Lupus Indonesia.. Data diperolah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan penerimaan diri yang dilewati oleh masing-masing subyek tidaklah sama. Dimulai dari tahap pengingkaran, kemarahan, depresi, tawar menawar sampai penerimaan diri. Dalam proses menuju penerimaan diri, ada enam faktor yang mempengaruhi. Faktor pemahaman diri, tidak adanya tekanan emosi, konsep diri yang stabil dan harapan yang realistis mempengaruhi penerimaan diri dari ketiga subyek. Sedangkan faktor tidak hadirnya hambatan dari lingkungan serta sukses yang terjadi tidak mempengaruhi penerimaan diri ketiga subyek. Hambatan yang dirasakan ketiga subyek sebagai seorang remaja semua sama, yaitu adanya hambatan dalam bidang pendidikan. Hambatan ini mempengaruhi faktor sukses yang terjadi pada ketiga subyek. Namun penerimaan diri yang terjadi disini bersifat episodik.

Keywords


Tahapan Penerimaan Diri, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Diri.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian .

Malang : UMM Press

Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Cetakan ke 9. Alih Bahasa : Kartini Kartono. Jakarta : PT Grafindo.

Handayani, A. 2012. Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Depresi Pada Wanita Perimenapause. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Vol 1, No02. Surabaya : Fakultas Psikologi

Universitas Airlangga.

Hjelle, L.A & Zeigler, D.J. 1992. Personality Theories : Basic Assumptions, Research and Application. Tokyo : Mc Graw Hill.

Hurlock, E. B.1994. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ed. Keenam. Alih Bahasa: Isti Widiyanti dan Sujarwo. Jakarta : Erlangga.

Osborne, C.G.1992. Seni Mengasah Diri : Yogyakarta : Kanisius.

Syarief, D. 2009. Bagaimana Hidup Dengan Lupus. http://Syamsidhuhafoundation.or g (9Mei 2014).

Taylor, S.E. 1999. Health Psychology. Second ed. Amerika Serikat : Tata Mc Graw Hill, Inc.

Wachyudi, R.G. 2006. Diagnosis dan Penatalaksanaan Lupus

Eritematosus Sistemik. Jakarta :Sagung Seto.

Wallace, D.J. 2007. The Lupus Book. Bandung : Mizan Media Utama.

Yayasan Lupus Indonesia. 2007. Apa Sih Penyakit Lupus Itu. http://YLI.com




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v14i1.374

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.