Hubungan Antara Kualitas Interaksi Sosial Atasan Bawahan dan Persepsi Terhadap Kompensasi dengan Komitmen Organisasi Pada Member Perusahaan Multi Level Marketing PT. Herbalife Indonesia

Sebastianus Dhimas Rangga Saputra, Ferdinand Hindiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara kualitas interaksi sosial atasan-bawahan dan persepsi terhadap kompensasi dengan komitmen organisasi pada member perusahaan multi level marketing PT. Herbalife Indonesia. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan antara kualitas interaksi sosial atasan-bawahan dan persepsi terhadap kompensasi dengan komitmen organisasi. Artinya, semakin tinggi kualitas interaksi sosial atasan-bawahan dan persepsi terhadap kompensasi maka semakin tinggi pula komitmen organisasi yang dimiliki, begitupun sebaliknya. Populasi penelitian berjumlah 76 subyek adalah member multi level marketing PT. Herbalife region Jember. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan uji kuantitatif melalui metode analisis regresi dua prediktor untuk menguji hipotesis mayor dan teknik korelasi parsial untuk menguji hipotesis minor. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas interaksi sosial atasan bawahan dan persepsi terhadap kompensasi dengan komitmen organisasi, dengan F = 15,653 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Dimana sumbangan efektif kualitas interaksi sosial atasan bawahan terhadap komitmen organisasi sebesar 12,74% dan Sumbangan efektif kualitas persepsi terhadap kompenasi terhadap komitmen organisasi hanya sebesar 0,01%

Keywords


kualitas interaksi sosial atasan-bawahan, persepsi terhadap kompensasi, komitmen organisasi, member multilevel marketing PT. Herbalife

Full Text:

PDF

References


-----. 2010. Menko Kesra Khawatir AFTA Ganggu Perdagangan Domestik. Dalam Kompas. Surat Kabar Harian. 2 Januari 2010. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara

Adiyas. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi. Jakarta: Mercu Buana Press

Arif, M.S.L., Ahmad, U.N., Rahman, S.A.A. 2004. Hubungan Kepuasan Komunikasi dengan Komitmen terhadap Organisasi di Kalangan Pekerja Teknikal : Kajian Kes di Flextronics International, Senai, Johor. Perpustakaan Fakultri Pengurusan dan Pengembangan Sumber Manusia, Universiti Teknologi Malaysia

Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 1993. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Atkinson, R. C., Hilgard, E. R. 1991. Pengantar Psikologi Jilid I. Jakarta: Erlangga

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. 2002. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bashir, S., Ramay, M.I., Jinnah M.A. 2008. Determinants of Organizational Commitment a Study of Information Technology Professionals in Pakistan. Institude of Behavioral and Applied Management

Chairy, L.S. 2002. Seputar Komitmen Organisasi. Arisan86-KomitmenOrganisasi-Liche.pdf

Colleen, C.M. 2005. Employee Commitment. Pretoria: University of Pretoria etd

Departemen Pendidikan. 2002. KBBI. Jakarta: Balai Pustaka

Gerungan, W A. 1991. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Greenberg, J. 2011. Behavior in Organizations Tent Edition. Pearson Education Limited

Greenberg, J., Baron, R. A. 1995. Behavior in Organizations Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall Englewood

Hadi, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hanafi, I. 2010. Competence Based Human Resource Management : Bagaimana Organisasi Mengelola Kompetensi SDM. Jurnal Ilmiah. Vol. 9.

Hapsari, H. M. 2008. Pengaruh Kualitas Manajemen, Motivasi Kewirausahaan, Dan Pengelolaan Merek Terhadap Kualitas Hubungan Franchise Dalam Meningkatkan Kinerja Penjualan : Studi Pada Perusahaan Franchise Di Kota Semarang Dan Yogyakarta. TESIS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Harefa, A. 2000. Pesona Bisnis Direct Selling MLM. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hasibuan. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Ivancevich, J. M, dkk. 2005. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta : Penerbit Erlangga

Latipun. 2008. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM

Luthans, F. 2002. Organizational Behavior: An Evidence- Based Approach Twelfth Edition. McGraw-Hill

Mangkuprawira, S. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia

Marat 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Meyer, J. P., Allen, N. J. 1990. The measurement and antecedents of affective, continuance and normative commitment to the organization. Jurnal of Occupational Psychology. Vol. 63

Meyer, J. P., Allen, N. J., Smith, C. A. 1993. Commitment to Organizations and Occupation: Extension and Test of a Three-Component Conceptualization. Jurnal of Applied Psychology. Vol. 78

Miner, J. B. 1992. Industrial Organizational Psychology. Mcgraw-Hill

Nawab, S., Bhatti, K. K. 2001. Influence of Employee Compensation on Organizational Commitment and Job Satisfaction: A Case Study of Educational Sector of Pakistan. International Journal of Business and Social Science. Vol. 02.

Nitisemito, A. 1984. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nawawi, H. H. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajahmada University Press

Panggabean, M. S. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia

Robbins, S.P. 2001. Perilaku Organisasi jilid 2. Jakarta: PT. Prenhallindo

Robbins, S. 2008. Perilaku Organisasi Buku 1. Salemba Empat

Soerjono, S. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Rajawali, Pers

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Steers, R.M. 1985. Managing Effective Organizations. Kent Publishing

Suprihartanto, J., Harsiwi, T A M., Hadi, P. 2003. Perilaku Organisasional. Jogjakarta : STIE Yayasan Keluarga Pahlawan Negara

Suyasa, T. 2008. Komitmen Organisasi dan Organization Citizenship Behavior pada karyawan Call Centre di PT. X. Phronesis Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi. Vol.10

Syani, A. 1987. Manajemen Organisasi. Jakarta: Penerbit PT. Bina Aksara

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Winardi, J. 2004. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Prenada Media

Young., Brian, S., Worchel., Stephen., Woehr., David J. 1998. Organizational Commitment Among Public Service Employees. Journal of Public Personal Management. Vol. 27.

Zaid, S. 2009. Pengaruh Kepuasan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi dan Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia di Sulawesi Tenggara. Jurnal Manajemen Mutu, Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo, Volume 8 : no.1




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v14i1.373

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.