PERSEPSI PEREMPUAN JAWA TERHADAP PEREMPUAN BERTATO

Asha Dini Kaffah, Y Sudiantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman mendasar mengenai persepsi perempuan Jawa terhadap perempuan bertato. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara, serta survey sebagai data pelengkap. Subjeksebanyak empat orang perempuan Jawa, berusia 30-60 tahun, dan bertempat tinggal di Semarang. Analisis data dimulai dengan mengolah data yang diperoleh, menyusun dinamika psikologis, mengaitkan dengan teori, dan menganalisis, serta menarik kesimpulan. Kesimpulannya adalah persepsi perempuan Jawa terhadap perempuan bertato dipengaruhi oleh faktor diri subjek seperti sifat khas orang Jawa, kedekatan emosional dengan perempuan bertato, dan faktor lingkungan masyarakat Jawa. Sebagian besar perempuan Jawa menganggap perempuan tidak pantas untuk menato tubuh karena ingin diperhatikan meskipun tato sebagai bentuk seni.

Keywords


tato,perempuan Jawa, persepsi

Full Text:

PDF

References


Budiati, A.C. 2010. Aktualisasi Diri Perempuan Dalam Sistem Budaya Jawa (Persepsi Perempuan terhadap Nilainilai Budaya Jawa dalam Mengaktualisasikan Diri).

Pamator. Volume 3 Nomor 1. Surakarta: Universitas Negeri Solo.

Dewi, S. 2013. Wanita Bertato: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dan Motivasinya. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi. Vol 2 No 1. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Ghony D.M dan Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta : Ar Ruz Media.

Handoko, T. 2010. Perkembangan Motif, Makna, Dan Fungsi Tato Di Kalangan Narapidana Dan Tahanan Di Yogyakarta. Makara Sosial Humaniora. VOL. 14, NO. 2.Surabaya: Universitas Kristen Petra

Maunati, Y. 2004. Identitas Dayak Komodifikasi dan Politik Kebudayaan. Yogyakarta: LkiS

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Nasution, S. 2001. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Robbins P. 2008. Perilaku Organisasi Jilid 1 Ed 12. Jakarta: Salemba Humanika

Sugiharto, E. 2012. Persepsi masyarakat terhadap penderita skizofernia. Skripsi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata (tidak ditertib)




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v14i1.371

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.