HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA DENGAN INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN BIDANG PRODUKSI CV. X

Anggie Rumondang Berliana Sianipar, Kristiana Haryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara komitmen organisasi dan kepuasan kerja dengan intensi turnover pada karyawan bagian produksi CV. X. Hipotesis mayor yang diajukan adalah ada hubungan antara komitmen organisasi dan kepuasan kerja dengan intensi turnover. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan alat ukur berupa skala intensi turnover, skala komitmen organisasi, dan skala kepuasan kerja. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan jumlah sampel yang digunakan 53 orang bagian produksi. Hasil perhitungannya adalah Rx1x2y = 0,820 (p < 0,01) maka hipotesis mayor diterima, artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kepuasan kerja dengan intensi turnover. Hasil perhitungan hipotesis minor pertama adalah r = -0,655 (p < 0,01), maka hipotesis minor pertama diterima, yang berarti ada hubungan negatif antara komitmen organisasi dengan intensi turnover. Semakin tinggi komitmen terhadap organisasi maka akan semakin rendah intensi turnover dan sebaliknya. Hasil perhitungan hipotesis minor kedua adalah r = -0,817 (p < 0,01), maka hipotesis minor kedua diterima, artinya semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin rendah intensi turnover dan sebaliknya

Keywords


Intensi Turnover, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Agustian, R. 2011. Intensi Turnover pada Karyawan Kontrak Ditinjau Dari Job Insecurity dan Status Perkawinan. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, H. D. 2013. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.

Handaru, A. W. dan Nailul M. 2012. Pengaruh Kepuasan Gaji dan Komitmen Organisasi Terhadap Intensi Turnover Pada Divisi PT Jamsostek. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No. 1.

Handoko, T. H. 1998. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Harnoto. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia (2nd ed). Jakarta: PT. Prehallindo.

Hussain, T., and S. Asif. 2012. Is Employees Turnover Intention Driven By Organizational Commitment and Perceived Organizational Support. Journal of Quality and Technology Management, Volume VIII, Issue II.

Luthans, F. 2006. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: ANDI.

Meyer J.P., & Allen, N. J.. 1997. Commitment in the Workplace : Theory, Research, and Aplication Advanced Topics in Organizational Behavior. USA: Sage Publication, Inc.

Mobley, W. H. 1986. Pergantian Karyawan : Sebab Akibat dan Pengendaliannya. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Moekijat. 1995. Manajemen Personalia dan Sumerdaya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Nisa, H. D. W., dkk. tth. Hubungan Antara Iklim Organisasi Dengan Intensi Turnover Pada Karyawan. Jurnal. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Novliadi, F. 2007. Intensi Turnover Karyawan Ditinjau Dari Budaya Perusahaan dan Kepuasan Kerja. Makalah. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan.

Purnanti, T. 2007. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention dengan Persepsi Kesempatan Memperoleh Pekerjaan Lain Sebagai Variabel Moderator Pada Karyawan Marketing PT. Manulife Financial di Surabaya. Rangkuman Skripsi. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Randhawa, Ms. G. 2007. Relationship between Job Satisfaction and Turnover Intentions : An Empirical Analysis. Journal. Indian Management Studies Journal 11 (2007) 149-159.

Ranupandojo, H. dan Suad H. 1997. Manajemen Personalia Edisi Keempat Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Ridlo, I. A. 2012. Turn Over Karyawan Kajian Literatur. Surabaya: Public Health Movement.

Robbins, S. P., and Timothy A. J. 2008. Perilaku Organisasi Buku 1, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Safitri, R. Y. 2013. Hubungan Antara Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Dengan Intensi Turnover Pada Guru. Jurnal. Character, Volume 01, Nomor 02.

Sari, A. E. P. tth. Hubungan Komitmen Organisasi dan Niat Berpindah Pekerjaan (Turnover Intention) Pada Karyawan Hotel di Kota Malang. Jurnal. Malang : Universitas Negeri Malang.

Siagian, S. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Steers, R. M. 1985. Efektifitas Organisasi Cetakan Kedua. Terjemahan Djoerban Wahid. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono, Prof. Dr.. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, H. E. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Triaryati, N. 2003. Pengaruh Adaptasi Kebijakan Mengenai Work Family Issue Terhadap Absen dan Turnover. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 5 (1).

Umam, K. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wilandha, dkk. 2012. The Influence of Job Satisfacion and Organizational Commitment to Employee Turnover Intentions in H Company. Journal. The 3rd International Conference on Technology and Operations Management.

Wijono, S. 2012. Psikologi Industri dan Organisasi Edisi Revisi. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.281

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.