PENGARUH BELAJAR DENGAN CARA MENGHAFAL TERHADAP MENGINGAT KOSAKATA DALAM BAHASA INGGRIS

Teresia Yuliana Hardjo, Siswanto ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar dengan cara menghafal terhadap mengingat kosakata dalam Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini merupakan studi populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 4 SD Marsudirini Gedangan Semarang yang memiliki nilai Bahasa Inggris pada semester lalu antara 75- 84. Desain eksperimen yang digunakan adalah Within Subject Design. Analisa data menggunakan uji Within Subject Anava (repeated measure) untuk menguji hipotesis mayor dan t-test untuk menguji hipotesis minor. Pada pengujian hipotesis mayor diperoleh hasil Fhitung = 20,663 dan taraf signifikansi 0,005 dengan p < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara belajar dengan cara menghafal terhadap mengingat kosakata dalam Bahasa Inggris yang sangat signifikan. Pada pengujian hipotesis minor diperoleh hasil thitung = 1,740 < 9t( =0,05) = 3,355. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara jenis kelamin terhadap mengingat kosakata dalam Bahasa Inggris. Belajar dengan cara menghafal sebanyak tiga hingga empat kali paling efektif untuk mengingat kosakata dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, menghafal sebanyak 11-14 kali sudah tidak efektif lagi untuk mengingat kosakata dalam Bahasa Inggris

Keywords


menghafal; mengingat kosakata; pengulangan

Full Text:

PDF

References


Baugh, A dan Cable, T. 1978. A History of The English Language (Third Edition). New Jersey: Prentice- Hall, INC.

Dahar, R. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fin, L.S dan Ishak, Z. 2012. A Priori Model of Students Academic Achievement: The Effect of Gender as Moderator. Procedia Social and Behavioral Science Vol. 65 (1092 1100). http://www.sciencedirect.com/sci ence/article/pii/S1877042813004 175. Download Oktober 2013

Hardiyanto, E. 2009. Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga digilib.uinsuka. ac.id/.../BAB%20I,%20IV, %20DAFTAR%20PUSTAKA..... Download Januari 2014.

Malinauskiene, O., Vosylis, R., Zukauskiene, R., 2011. Longitudinal Examination of Relationships Between Problem Behaviors and Academic Achievement in Young Adolescents. Procedia Social and Behavioral Science Vol. 15 (3415 3421). http://www.sciencedirect.com/sci ence/article/pii/S1877042811008 573. Download Oktober 2013.

Matlin, M. 1989. Cognition. New York: Harcourt, Brace, Janovich.

Omrord, J. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Omrord, J. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Rahmawati, D, dkk. 2012. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 1 (1 12). http://jurnalonline. um.ac.id/article/do/detailarticle/ 1/9/103. Download Januari 2014.

Samsiyah, S., Andayani, Rohmadi, M. 2013. Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 (27 36). http://jurnal.pasca.uns.ac.id. Download Desember 2013.

Septianingsih, B. 2008. Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Kosakata Bahasa Korea. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Wade, C dan Tavris, C. 2007. Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Wormelli, R. 2012. Meringkas Mata Pelajaran: 50 Teknik untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.279

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.