KESEPIAN ANAK TUNGGAL PADA DEWASA MUDA

Andry Putra Pratama, Esthi Rahayu

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor penyebab kesepian pada anak tunggal dewasa muda dan bagaimana cara anak tunggal dewasa muda dalam mengatasi kesepiannya. Metode pengambilan data berupa wawancara, observasi dan tes TAT (Thematic Apperception Test) dari Murray. Pengambilan sample dilakukan secara purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah tiga orang dengan karakteristik individu anak tunggal dewasa muda. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penyebab kesepian pada anak tunggal dewasa muda adalah faktor internal dan eksternal. Cara yang dilakukan oleh anak tunggal dalam mengatasi kesepian, adalah: mengenali diri sendiri, mengembangkan kepribadian dengan kelebihan yang dimiliki dan mengurangi kelemahan yang ada, tidak memandang rendah diri sendiri, berbicara tentang kelebihan dan kebaikan orang lain dengan setulusnya, menghadapi dan menaklukan perasaan takut sendirian, memperbaiki komunikasi serta berjumpa dan bergaul dengan banyak orang, dan mencari kesibukan dengan kegiatan, pekerjaan atau hobi

Keywords


kesepian, anak tunggal, dewasa muda

Full Text:

PDF

References


Atkinson, R.L, dkk. 1987. Pengantar Psikologi. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Alih Bahasa:

Nurdjannah Taufiq dan Rukmini Barhana. Jakarta : Erlangga.

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Malang : UMM Press.

Baron, R.A., Byrne, D. 2005 . Sosial Psychology. Jilid 2. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa : Ratna Djuwita. Jakarta : Erlangga.

Eriany, P. 1997. Manusia Kesepian Sebagai Salah Satu Dampak Psikologi dari Kehidupan Modern. Pranata. Th. VII. No.4. Gerungan. 1996. Psikologi Sosial. Bandung : PT. Eresco.

Hadibroto, I. dkk. 2003. Misteri Perilaku Anak Sulung, Tengah, Bungsu, dan Tunggal. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hojat, M., Crandall. R. 1989. Loneliness : Teory, Research and Applications. New Dehli : Sage Publication, Inc.

Lake, T. 1986. Kesepian. Alih bahasa : Fx. Budiyanto. Jakarta: Arcan.

Latifa, R. 2008. Jenis dan Dinamika Terjadinya Loneliness Pada Masyarakat Modern. Jurnal 'Enlightmen'. Jakarta: Universitas Al-Azhar Indonesia

Sears, D.O., Freedman, J.L., Peplau, L.A. 1994. Psikologi Sosial. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Watson, D.L., Tregerthan, G.B., Frank, J. 1984. Sosial Psycology. Illinois : Scott, Foresman & Company




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.273

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.