HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA AKSELERASI

Widanti Mahendrani, Esthi Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian diri pada siswa skselerasi. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara self-efficacy dengan penyesuaian diri pada siswa akselerasi. Semakin tinggi self-efficacy, maka semakin baik penyesuaian dirinya, dan sebaliknya. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 17 orang (studi populasi). Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala self-efficacy dan skala penyesuaian diri. Data dianalisa dengan menggunakan teknik Rho Spearman. Hasilnya adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara self-efficacy dengan penyesuaian diri pada siswa akselerasi. Hal ini ditunjukkan dengan rho sebesar 0,604; p=0,005 (p < 0,01)

Keywords


self-efficacy, penyesuaian diri

Full Text:

PDF

References


Haber, A., Runyon, R. 1984. Psychology of Adjustment. The Dorsey Press. USA.

Puspitalani, N. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Problem Focus Coping Dalam Proses Penyusunan Skripsi. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Putra, S. 2013. Panduan Pendidikan Berbasis Bakat Siswa. Penerbit Diva Press. Jogjakarta.

Sunarto, H., Hartono, A. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Warsito, H. 1995. Pengantar Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Gramedia. Jakarta

Warsito, H. 2009. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik. Pedagogi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. IX. No. 1 (36).

Wijaya, N. 2007. Hubungan Antara Keyakinan Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama Sekolah Asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Skripsi. Semarang. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (tidak diterbitkan).




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v13i2.268

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.