HUBUNGAN ANTARA SKILL MISMATCH DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN PT X

Florentine ,, Sumbodo Prabowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara skill mismatch dengan stres kerja pada karyawan. Subjek dari penelitian ini adalah karyawan bagian kantor PT. X. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang yang bekerja di bagian kantor. Untuk mengungkap skill mismatch, digunakan skala skill mismatch dengan aspek mobilitas pekerjaan, partisipasi dalam training, perbedaan gaji, pengalaman, perbedaan jenis pendidikan dan perbedaan tingkat pendidikan. Untuk mengungkap stres kerja pada karyawan digunakan skala stres kerja dengan aspek gejala fisik, psikologis dan sosial. Hasil analisis data yang diuji dengan teknik product moment menunjukan bahwa ada hubungan sangat signifikan antara skill mismatch dengan stres kerja pada karyawan. Hal ini ditunjukan dengan rxy=0,641 dan p=0,000 (p<0,01). Sumbangan efektif (SE) yang diberikan variabel skill mismatch terhadap stres kerja pada karyawan sebesar 49,3%. Hasil ini sesuai dengan hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara skill mismatch dengan stres kerja pada karyawan. Semakin tinggi skill mismatch maka semakin tinggi tingkat stres kerja pada karyawan, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Keywords


skill mismatch, stres kerja

Full Text:

PDF

References


Allen, Jim dan Velden, Rolf van der. 2001. Educational Mismatches Versus Skill Missmatches: Effects on Wages, Job Satisfaction, and On-The-Job Search. Oxford Economic Papers. England: Oxford University Press. (h.434-452)

Ame, A., Chaya, P., Mashindano, O. 2013. Covariance and Correlation Between Education Mismatch and Skills Mismatch in Tanzanian Formal Sector. Global Journal of Human Social Science Economics Vol.XIII Issue II Version I. USA: Global Journals Inc.

Anoraga, Panji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Arafah, Willy. 2005. Stres Kerja Instruktur (Survei Terhadap Para Instruktur Pada Unit Training Centre PT. Bank ABC. Tbk, Jakarta 2005). Media Riset Bisnis & Manajemen Volume 5, Nomor 3. Jakarta: Universitas Trisakti.

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Cedefop. 2009. Skill Mismatch, Identifying Priorities for Future Research. Working Paper No.3. Thessaloniki: European Centre for the Development of Vocational Training.

Cedefop. 2010. The Skill Matching Challenge, Analysing Skill Mismatch & Policy Implication. Luxembourg: Publication Office of the European Union.

Di Pietro, Giorgio dan Urwin, Peter. 2006. Education and Skill Mismatch in the Italian Graduate Labour Market. European Journal of Education. London: University of Westminster.

Manktelow, James. 2009. Mengendalikan Stres. Alih Bahasa: Marina Sofyan. Jakarta: Penerbit Esensi.

Motowidlo, Stephan J., Packard, John S., Manning, Michael R. 2013. Occupational Stress: Its Causes and Consequences for job Performance. Journal of Applied Psychology Vol.71, No.4. Amerika: American Psychological Association, Inc. (h.618-629)

Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nasution, Mustafa Edwin dan Usman, Hardius. 2007. Proses Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Park, Jungwee. 2007. Work Stress and Job Performance.Statistics Canada, Catalogue No. 75-001-XIE.Canada: Perspective (h.5-17)

Pribadi, Aryo Teguh, dkk. 2013. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kemampuan dan Kinerja Karyawan, Studi Pada Karyawan PDAM Kota Malang. Jurnal. Malang: Universitas Brawijaya

Roy, Sumita. 2008. Managing Stress: Handle, Control, Prevent. New Delhi: New Dawn Press.

Rycx, Francois. 2013. The Impact of Educational Mismatch on Firm Productivity: Direct Evidence From linked Panel Data. Belgium: Universite Libre de Bruxelles.

Sarafino, Edward P., Smith, Timothy W. 2012. Healthy Psychology, Biopsychosocial Interactions. Asia: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.

Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan, Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Taylor, Shelley E. 2009. Health Psychology, Seventh Edition. Singapore: McGraw-Hill.

Widodo. 2013. Analisis Pengaruh Antara Faktor Pendidikan, Motivasi dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik, Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Pontianak.Jurnal. Pontianak: Universitas Tanjungpura. (Tidak diterbitkan)




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v13i2.259

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.