Perbedaan Kematangan Sosial Anak Ditinjau dari Pendidikan dan Jenis Kelamin

Shinta Renanda,


Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji perbedaan kematangan sosial anak playgroup dan anak TK ditinjau dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Subjek penelitian adalah 48 siswa di RA Syarif Hidayatullah Batu dimana sampel yang diambil adalah 30 anak playgroup dan 18 anak TK. Data dikumpulkan melalui angket kematangan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparasi menggunakan anova dua jalur (two ways anova). Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukan adanya perbedaan kematangan sosial anak playgroup dan anak TK sebesar P (0,00 < 0.05) dan ada perbedaan kematangan sosial anak dilihat dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan sebesar P (0,030 < 0.05).

Save to Mendeley



Full Text:

PDF

DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v17i1.1489

Article Metrics

Abstract viewed : 2 times
PDF files downloaded : 0 times

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.