ANALISIS KEBUTUHAN DAN PROFIL KEPRIBADIAN PADA ORANG-ORANG PENGIDAP HIV/AIDS (Tinjauan dari Edward Personality Preference Schedule)

esthi - rahayu,


Abstract

Sebelum program-program pendampingan untuk ODHA dibuat, ada banyak hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh tim pendamping. Hal ini disebabkan, meskipun para ODHA memiliki permasalahan yang sama pada kesehatannya, namun sebagai pribadi pasti memiliki keunikan pada kebutuhan-kebutuhan psikologisnya. Ada kemungkinan kebutuhan-kebutuhan psikologis mereka ada yang sama, tetapi pasti ada juga yang berbeda. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat lebih dalam kebutuhan-kebutuhan psikologis, dan profil kepribadian pada ODHA.
Upaya dalam mengungkap kebutuhan-kebutuhan psikologis dan profil kepribadian, alat yang digunakan oleh peneliti adalah EPPS (Edward Personality Preference Schedule). Subjek dalam penelitian ini ada 8 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa need yang menonjol muncul pada subyek adalah need achievement (M, KS, O dan Tr), abasement (M, B, Ar dan Tr), dan nurturance (O, B, Ar dan Tr).

Save to Mendeley



Full Text:

PDF

DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v17i1.1071

Article Metrics

Abstract viewed : 24 times
PDF files downloaded : 8 times

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.