HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN OPTIMISME DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN STIKES TELOGOREJO SEMARANG

Dwi Ari Sulistyowati, Y. Bagus Wismanto, Cicilia Tanti Utami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping pada mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional.

Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Telogorejo semester 3 tingkat II sebanyak 43 orang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Analisa Regresi Dua Prediktor dan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan dari hasil analisis ditemukan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping Fhitung = 16,209 dengan p < 0,01.


Keywords


problem focused coping, kecerdasan emosional, optimisme, mahasiswa keperawatan.

Full Text:

PDF

References


Arbidati, C. W. dan Kurniati, N. M. T. 2007. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kecenderungan Problem Focused Coping pada Sales. Jurnal. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, Sipil) Volume 22. Volume 37, No 1, Juni 2010: 13-22. Gunadarma.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Bishop, G.D. 1994. Health Psychology Integrating Mind and Body. Allyn and Bacon.

Cahyaningrum, T. 2013. Copng Stress Ibu yang Memiliki Anak Penderita Thalasemia. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Dyanasari, E. 2012. Perbedaan Coping Behavior Pada Pria dan Wanita Dewasa Awal Dalam Menghadapi Break Up. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Elyana. 2007. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Dengan Problem Focused Coping Pada Remaja Akhir. Tesis. Semarang : Fakultas Magister Sains Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan : Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Pustaka Setia.

Folkman, S. 1984. Personal Control and Stress and Coping Process: A Theoritical Analysis. Journal of Personality and Social Psychology. Vol 46 (4), hal 839-852.

Fontaine, K. R, Manstead, Antony S.R, Wagner, Hugh. 1993. Optimism, perceived control over stress and coping. European Journal of Personality, Vol. 7,267-281.

Goleman, D. 2003. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta : Gramedia.

Goleman, D. 2004. Emotional Intelligence (alih bahasa). Jakarta : Gramedia.

Hartati, M.P. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Problem Focused Coping Pada Penyalahgunaan Narkoba di Pusat Rehabilitasi. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata (tidak diterbitkan).

Hasan, I. 2004. Analisis Data Peneltian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara.

Lazarus R.S & Folkman S. 1984. Stress, Appraisal, and coping. New York : Springer Publishing Company.

Lazarus, R. S. 1976. Patterns Of Adjustment. Barkeley : McGraw-Hill Kogakusha, LTD.

Lestari, R & Lestari, S. 2005. Pelatihan Berpikir Optimis Untuk Mengubah Perilaku Coping Pada Manusia. Jurnal Psikodinamik. Vol 7 No 22, 1-10. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lopez, S.J., Snyder, C.R. 2003. Positive Psychologycal Assessment : A Handbook of Models and Measures. Washington DC: American Psychologycal Assosiation.

Mappiare, A. 1992. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Masyhuri dan Zainuddin, M. 2009. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Narbuko, C. dan Achmadi A. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats