EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI

Agung Santoso Pribadi, Haryo Goeritno, Cicilia Tanti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi sebelum dan sesudah dikenai model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan subjek penelitian berjumlah 42 mahasiswa.

Desain penelitian ini menggunakan model one group pretest and posttest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan peer cheklist komunikasi interpersonal. Hasil analisis data komunikasi interpersonal dengan membandingkan pretest dan posttest subjek penelitian diperoleh nilai t sebesar -6,533 (p<0.01). Mean sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif jigsaw sebesar 94,21 dan sesudah perlakuan sebesar 107,95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima.

Save to Mendeley

Keywords


model pembelajaran kooperatif jigsaw, komunikasi interpersonal

Full Text:

PDF

References


Adams, F.H., (2013), Using Jigsaw Technique as an Effective Way of Promoting Coperative Learning Among Primary Six Pupils In Finjai, International Journal of Education and Practice, I (6): 64-74

Ahmad, Z and Mahmood, N., (2010), Effects of Cooperative Learning vs Traditional Instruction on Prospective Teachers Learning Experience and Achievement, Journal of Faculty of educational Sciences, Vol 43 No. 1

Alwisol, (2008), Psikologi Kerpribadian, Malang: UMM Press

Amador, J.A and Mederer, H., (2013), Migrating Successful Student Engagement Strategies Online: Opportunities and Challences using Jigsaw Group and Problem Based Learning, Merlot Journal of Online Learning and Teaching, Vol 9 No. 1

Ancok, D., (1987), Teknik Penyusunan dan Skala Pengukuran, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UGM

Arends, R.I., (2007), Learning to Teach. Diterjemahkan oleh Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S.,(1996), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aronson, E., (2000), The Jigsaw Clasroom: A cooperative Lerning Technique (on line) tersedia di http://www.jigsaw.org/steps.htm diakses pada 5 maret 2013

Aunurrahman, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Azwar, S.,(1997), Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

.,(2004), Metode PenelitiaN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

.,(2001), Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats