STUDI TENTANG REGULASI DIRI DALAM BELAJAR, EFIKASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Efi Widiya Astutik, Yohanes Bagus Wismanto, Haryo Goeritno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai regulasidiri dalam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika baiksecara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri. Subjek penelitian ini adalah 95 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Juwana. Metode pengumpulan data menggunakan data dokumentasi nilai ulangan harian matematika dan skala. Skala yang digunakan yaitu, skala efikasi diri dan skala regulasi diri dalam belajar. Skala efikasi diri yang terdiri dari 19 aitemvalid dengan koefisien alpha (0,885), sedangkan skala regulasi diri dalam belajar yang terdiri dari 13 aitem valid dengan koefisien alpha (0,791).Metode analisis data yang digunakan analisis jalur atau Path Analysis.Hasil uji hipotesis penelitian yang menggunakan teknik analisis jalurdiperoleh hasil F hitung = 1,571 dan p = 0,213 (p> 0,05). Nilai signifikansilebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh regulasi diridalam belajar terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri.

Hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan regulasi diri dalam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri ditolak

Save to Mendeley

Keywords


Prestasi Belajar Matematika, Efikasi Diri, Regulasi Diri dalam Belajar

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2005. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. USA:W.H. Freemen dan Company.

Baron, dan Byrne, D. 1997. Social Psychology Understanding Human Interaction (5th Edition) Boston : Allyn and Bacon Inc.

Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Alih Bahasa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2000. Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta

Purdie, N & Hattie, J & DouglasG.(1996). Students Conception of Learning and Their Use of Self Regulated Learning Strategies. A Cross Cultural Comparison. Journal ofEducational Pschology, 88(1), 87-100

Subagja, I.K., Artawan, I.K.,Natajaya, I.N., Subrata, I.N. 2006. Evaluasi pelaksanaan uji coba kurikulum 2004 di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Singaraja: IKIP Negeri. 39, 2, 295-310.

Syah . 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Tasmin.

Winkel, W.S. 1986 Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Woolfolk, A.E. 2004. Educational Psychology.(six edition). New York: Allyn & Bacon Inc

Zimmerman, B. J.1989. A Social Cognitive View of Self RegulatedLearning,Journal ofEducational Psychology,81(2),329-339

__________, B. J. 1989. A Social Cognitive View of Self Regulated Learning, Journal of Educational Psychology, 81 (3), 1-23.

__________, B. J., & Risemberg R. 1997. Selfmonitoring during collegiate studying: An invaluable motivation. In G. D. Phye (Ed.), Handbook of Tool for Academic Self- Regulation. 105-125. San Diego,CA: Academic Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats