STUDI DESKRIPTIF TENTANG MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BERHITUNG KELAS II

Maria Fransiska Diah P., Praharesti Eriany, Emiliana Primastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga untuk meningkatkan ketepatan dan kecepatan dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 2 SD. Hipotesis penelitian ini yaitu ada perbedaan kecepatan dan ketepatan berhitung materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 2 SD sebelum dan sesudah penelitian dengan menggunakan media permainan ular tangga.

Subyek dalam penelitian ini yaitu 2 siswa kelas 2 SD Negeri Tinjomoyo 1 yang belum tuntas dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan. Dalam penelitian ini, permainan ular tangga digunakan dalam remedial teaching yang dilakukan selama 8 pertemuan yaitu 4 pertemuan materi penjumlahan dan 4 pertemuan materi pengurangan. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan pre test dan post test. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif berupa nilai pre test dan post test yang disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam ketepatan dan kecepatan berhitung materi penjumlahan dan pengurangan sebelum dan sesudah dilakukan remedial teaching menggunakan media permainan ular tangga.

Kata kunci: media permainan ular tangga, remedial teaching, ketepatan dan kecepatan berhitung.

Save to Mendeley

Keywords


media permainan ular tangga, remedial teaching, ketepatan dan kecepatan berhitung.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman.2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cet kedua. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud dan PT Rineka Cipta.

Aguele, L. I., Omo-Ojugo, M. O. & Imhanlahimi. E. O. 2010. Effectiveness of Selected Teaching Strategies in the Remediation of Process Errors Committed by Senior Secondary School Students in Mathematics. Department of Curriculum and Instruction, Ambrose Alli University,Ekpoma, Edo State, Nigeria. J Soc Sci, 22(2): 139-144.

Ariesta, F. W.2011.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Peer Lesson dengan Media Ular Tangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pakintelan 03 Kota Semarang.Skripsi Universitas Negeri Semarang: Semarang. Diakses pada tanggal 1 Februari 2012 dari http:// l i b . u n n e s . a c . i d / 7 9 4 5 / 1 / SKRIPSI_FREDDY_PGSD_FIP_UNNES_2011_%28PDF%29.pdf.

Basuki. 2012. Redifinisi Peran Guru Dalam Pengajaran Remedial. Diakses pada tanggal 29 Januari 2013 dari http:// staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ A g u s % 2 0 B a s u k i , % 2 0 M . P d . / jurnal%20tp%202012.pdf

BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Tematis Kelas II. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Tematik Kelas 1. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Chen., L. C., Looi. C ., Shao. Y. , & Chan, T. 2012. A Collaborattive Cross Number Puzzle Game to Enhance Elementary Students Arithmetic Skills. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational TechnologyApril 2012, volume 11 Issue 2, 1-14.

Cheteyan, H. Hengeveld, S, & Jones, M. A. 2010. Chutes and Ladders for the Impatient. College Mathematics Journal 42:1.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Depdiknas Direktorat Pembinaan TK dan SD:Jakarta.

Djiwandono, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Sarana Indonesia

Fezdek K, Berry T and Renno P.2002. ChildrensMathematic Achievement: The Role of Parents Perceptions and Their Involvement in Homework. Journal of Educational Psychology.

Ghanbari, N., Shariatmadari. A. , Ahghar. Q & Seif. Naraghi. M.,2011. Study of Educational Plays Effect ti Learn Concepts of Mathematics Curriculum in First- Grade Girl Students of Shar E- Ray. Australian Journal of Basic and Applied Science. 54 (12), 2431- 2437.

Ghazali, M., Rahman, S. A. , Ismail, Z., Idros, S. N. , & Salleh, F.2003. Development of a framework to assess primary students number sense in Malaysia. The Mathematics Education into the 21st Century Project:Malaysia.

Hajiyati, S.2008. Peningkatan Pemahaman Konsep Simetri Melalui Model Pembelajaran Kreatif dengan Permainan Matematika. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada tanggal 10 April 2012 dari http:// e t d . e p r i n t s . u m s . a c . i d / 7 2 5 / 1 / A410040058.pdf.

Harjo, P. E., & Badjuri.2003. Penerapan Konsep Kesetimbangan pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan di Sekolah Dasar. Universitas Terbuka. Diunduh pada 7 Maret 2012, dari lppm.ut.ac.id/ htmpublikasi/ 42srihardjo.htm.

Herman, T. 2001. Strategi Mental yang Digunakan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berhitung. Jurusan Pendidikan Matematika Univeristas Pendidikan Indonesia. Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta tanggal 21 April 2001. Diunduh pada 12 Maret, 2012 dari file.upi.edu/ Di r e k t o r i / FPMIPA/ JUR. _PEND. . . / Artikel16.pdf.

Hidayati, A. 2012. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Kancing Baju Dan Piring Angka) Dalam Membilang Angka 1-10 Siswa Tk Kelompok A Di Tk Qurrota Ayun 1 Malang. (jurnal mahasiswa teknologi pendidikan,Januari 2012). abstrak jurnal.

Indrianie,E. 2012. Trik Jitu Memotivasi Belajar Si Kecil. diakses dari http:// health.okezone.com/read/2012/04/21/483/ 615917/trik-jitu-memotivasi-belajar-si-kecil pada tanggal 30 Mei 2012.

Jose, T. 2007. Effectiveness of Snake and Ladder Game on Knowledge Regarding Personal Hygiene Among School Chlidren In The Age Group of 8 -10 Years in Selected Rural Schools in Mangalore. Disertasi Laxmi Memorial College of Nursing Balmatta: Mangalore.

Komariyah, Z. & Soeparno. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Babat Jerawat 1 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10 No. 63 73.

Lowe, N. K. 1988. Games and Toys in the Teaching Science and Technology. UNESCO,Division of Science Technical and Environmental Education:Paris

Margono.2004. The Ladder-Snake and Physical Education. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta. Paper Presentation on International Conference of AsianSociety for Physical Education. diakases pada tanggal 3 Februari 2012 dari staff.uny.ac.id/.../Ladder%20snake%20games.

Masidjo, Ign. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Matlin, M. W. 1998. Cognition. Fourth Edition. New York:Harcourt Brace.

Mikarsa, H.L., Agus, Taufik & Puji, Lestari, Prianto. 2008. Buku Materi Pokok Pendidikan Anak di SD.Edisi ke 1. Cet ke 10. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Mulyadi, H. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Cet kedua. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mulyati, T. 2009. Pembelajaran Ular Tangga Salah Satu Alternatif Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Musuk Semester 2 Tahun Pelajaran 2007-2008. Jurnal DIDAKTIKA, tahun 1. No 1.

Nanang, P.2010. Tahapan Belajar Matematika. diakses pada tanggal 29 Januari 2013 dari http://pulungnanang.multiply.com/journal/ i t e m / 8 / T a h a p a n - B e l a j a r - Matematika?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Nawaskanti, R,P & Y Sari Jatmiko.2006. Mengenal Pluspunt Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Dinamika Edukasi Dasar

Nehama, K.2011. How to Use the Game Snakes and Ladders to Teach Mathematics. Diakses pada tanggal 13 Maret 2012 dari http:// www.ehow.com/how_8470357_usesnakes- ladders-teach-mathematics.html

Nugrahani, R. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 36. No1.35-44.

Nur, F. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Permainan Kubus Bergambar pada Anak Kelompok B3 di TK Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto.ejurnal unesa,Volume 2.No1,Januari 2013.

Ormrod,J.E. 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 2.Ed Keenam. Jakarta:Erlangga

Pouyamanesh, J. 2012. The Investigation of Game Influence on Mathematic Learning Rate in Elementary Stage.American Journal of Scientific Research. ISSN 1450-223X. Issue 42 (2012).55 61.

Prastiti. 2009. Memperbaiki Kesalahan Pengurangan Bilangan Cacah Melalui Permainan Dadu dan Kartu Bilangan Siswa Kelas III SDN Menanggal 601 Surabaya. Jurnal Penelitian Kependidikan , Tahun 19, Nomor 2, Oktober 2009, 127-139.

Purwati, A., Harjanti. R. & Pamudji, S. (2008). Tes Diagnostik dan Remedial Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Utan Kayu Selatan 21 Jakarta Timur. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. Vol 1, No 1. 77-84.

Rahayu, N. A.2012. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Taman Kanak- Kanak. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 21 maret 2012 dari repository.upi.edu/operator /upload/ s_paud_0803563.

Septiana, R., Ama. F. & Setiawardhana. 2010. Rancang Bangun Modul Pembelajaran Jarimagic. Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya:Surabaya. Diakses pada tanggal 29 Januari 2013 dari www.eepisits. edu/uploadta/downloadmk.php?id=991

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Thomas, D. 2008. Snakes and laddersCan Help a Childs Maths. Retrieved March,13,2012 from http://www.telegraph.co.uk/news/ uknews/1582754/Snakes-and-ladders-canhelp- a-childs-maths.html

Wade, C., Tavris, C. 2007.Psikologi.Ed ke 9.Jilid ke II. Jakarta:Erlangga.

Wells, N.2011. Educational Board Game Can Help Your Kids Learn Better.diakses pada tanggal 13 Maret 2012 dari http:// expertscolumn.com/content/educationalboard- games-can-help-your-kids-learnbetter.

West, S.G & Robert, A. W.1980. A Primer Of Social Psychological Theories. California: Brooks/Cole Publishing Company

Yasin, S. & Iik, A. 2003.Teaching Mathematics Through Games at the First Stage of Elementary Education Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education Vol. 7, No. 4, 223234


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats