Web Service Security System Analysis with Rest Architecture Using The Aes Method with JWT

Raymond Cahyadi Saputra, YB Dwi Setianto

Abstract


Keamanan pada layanan web merupakan hal yang vital. Hampir semua aplikasi dibuat dengan menggunakan layanan web sebagai alat komunikasi antar aplikasi lain dan untuk mempermudah proses update. Ini menunjukkan bahwa masalah keamanan layanan yang disajikan seharusnya tidak rentan terhadap tingkat keamanannya. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dihadapi adalah bagaimana membuat dan mengetahui bahwa web service yang efisien dan tidak rentan. Keamanan tidak luput dari istilah yang disebut kriptografi. Maka kriptografi merupakan suatu hal yang penting terutama pada bagian transfer data dalam suatu aplikasi. Kriptografi yang digunakan adalah metode AES, dan dengan arsitektur RESTFUL API pada bagian web service. Juga dengan menggunakan token otentikasi untuk akun sehingga tidak sembarang akun dapat mengakses API. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja layanan yang diberikan dan juga membandingkan hasil waktu respon yang keluar saat menggunakan metode enkripsi antara dengan tidak menggunakannya.

Keywords


AES, Encryption, Web Services, REST API, Cryptography, Security

Full Text:

PDF

References


Aziz, Abdul. Wiharto. Wicaksono, Bayu. (2013). Pemanfaatan Web Service Moodle Berbasis REST-JSON untuk Membangun Moodle Online Learning Extension berbasis Android. JURNAL ITSMART, 2(2), 1-6.

Deviana, Hartati. (2011). Penerapan XML Web service Pada Sistem Distribusi Barang. Jurnal Generic, 6(2), 61-70.

Naskah, Ihsan. (2010). MEMANFAATKAN WEB SERVICES UNTUK LAYANAN INFORMASI PEKERJAAN ONLINE.

Perkasa, Muhammad Iqbal. Setiawan, Eko Budi. (2018). Pembangunan Web Service Data Masyarakat Menggunakan REST API dengan Access Token. ULTIMA COMPUTING, X(1), 19-26.

Rulloh, Amin. Mahmudah, Dewi Erla. Kabetta, Herman. (2017). Implementasi REST API pada Aplkiasi Panduan Kepaskibraan Android. Teknikom, 1(2), 85-89.

Sibagariang, Swono. (2016). PENERAPAN WEB SERVICE PADA PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID. Jurnal Mahajana Inforamasi, 1(1), 28-32.

Wagh, Kishor. Thool, Dr Ravindra. (2012). A Comparative Study of Soap Vs REST Web Services Provisioning Techniques for Mobile Host. Journal of Informatics Engineering and Applications, 2(5), 12-16.

Yusrizal. Dawood, Rahmad. Roslidar. (2017). Rancang Bangun Layanan Web (Web Service) Untuk Aplikasi Rekam Medis Praktik Pribadi Dokter. KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektro, 2(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v3i1.2826

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)