Perencanaan Bisnis Online Caring Cookie

Endah Purbaningrum Santoso

Abstract


Abstrak. Kepedulian akan kesehatan menjadikan munculnya bisnis makanan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari rancangan bisnis online Caring Cookies apabila ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran (APP), aspek produksi dan operasional (APO), aspek sumber daya manusia (ASDM), dan aspek keuangan (AK). Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, observasi, dan dokumen. Analisa data dilakukan secara deskriptif. Analisis kelayakan finansial dilakukan dengan net present value (NPV), profitability index (PI), payback period (PP), dan international rate of return (IRR). Caring Cookies menjual healthy cookies (Honey Oat Cookies) yang tanpa tepung terigu, telur, dan susu sapi. APP: segmentasi pasar adalah semua generasi yang peduli kesehatan melalui pengaturan pangan yang dikonsumsi, target pasar adalah single-segment concentration, dan positioning pasar adalah market nicher. 4P Marketing Mix: produk yang dijual healthy cookies, promosi melalui sales promotion dan direct marketing, harga jual produk IDR 62.000, dan pendistribusian produk secara langsung. APO: proses produksi dilakukan di Jalan Dokter Cipto 125A, Semarang. ASDM: pada awal berdirinya diperlukan satu orang pekerja. AK: initial investment yang dibutuhkan adalah IDR 11.553.180. Hasil analisis kelayakan finansial dari segi NPV positif (128.866.529), PI>1 (12,15), PP 2 tahun 0,5 bulan, dan IRR (80,51 %)>bunga bank (5,50%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan

Keywords


perencanaan bisnis online, healthy lifestyle, bisnis makanan sehat, caring cookies

Full Text:

PDF

References


Andika. (2016). Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat. Retrieved February 11, 2017, from http://fakta.co.id/2016/09/09/masyarakat-indonesia-mulai-sadar-makanan-sehat/

Aziz, M. A., Winarni, & Simanjuntak, R. A. (2016). Studi Kelayakan Bisnis Tortilla Dengan Pemanfaatan Rumput Laut Lokal Melalui Pendekatan Internal Bisnis (Studi Kasus Pada Ikm Berdikari Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah). Jurnal Rekavasi, 4(2), 60–118.

Bank Indonesia. (2018). Inflation Report (Consumer Price Index). Retrieved June 3, 2018, from https://www.bi.go.id/en/moneter/inflasi/data/Default.aspx

Bank Sentral Republik Indonesia. (2018). Data BI 7-Day Repo Rate. Retrieved September 18, 2018, from https://www.bi.go.id/id/moneter/bi-7day-RR/data/Contents/Default.aspx

Barusman, A. R. P. (2013). Analisis Studi Kelayakan Pada Waralaba Excelso Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 43–65.

Beamish, K., & Ashford, R. (2005). Marketing Planning. Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann.

Blibli. (2019). Merchant Corner. Retrieved February 11, 2019, from https://www.blibli.com/pages/merchant-corner

Bukalapak. (2019). Pelapak—Panduan Bukalapak. Retrieved February 11, 2019, from https://panduan.bukalapak.com/seller

Daily Social. (2018). Mengungkap Layanan E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Retrieved January 28, 2019, from https://dailysocial.id/post/mengungkap-layanan-e-commerce-terpopuler-di-indonesia

Dibb, S., Simkin, L., & Bradley, J. (2006). The Marketing Planning Workbook: Effective Marketing for Marketing Managers. London: Thomson Learning.

Fauzia, M. (2018). Ini 3 E-Commerce yang Paling Dikenal Masyarakat Indonesia. Retrieved January 28, 2019, from https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/08/172007426/ini-3-e-commerce-yang-paling-dikenal-masyarakat-indonesia

Finance Detik. (2018). Menperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 9,23%. Retrieved June 24, 2018, from https://finance.detik.com/industri/d-3985814/menperin-industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-923

Kontan. (2018). Markplus: Shopee Menjadi E-Commerce Paling Banyak Diakses Oleh Responden. Retrieved January 28, 2019, from https://industri.kontan.co.id/news/shopee-menjadi-e-commerce-paling-banyak-diakses-oleh-responden

Kusuma, P. T. W. W., & Mayasti, N. K. I. (2014). Analisa Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Produksi Komoditas Lokal: Mie Berbasis Jagung. Agritech, 34(2), 194–202. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/agritech/article/view/9510/7085

Lazada. (2019). Lazada Seller Center. Retrieved February 11, 2019, from https://sellercenter.lazada.co.id/seller/register/registration_open?spm=a2o4j.11393940.icms-5012886-1523506901945.1.1af37fbfnjhX4A&sellerType=1&scm=1003.4.icms-zebra-5012885-2684534.OTHER_5228247401_2349469

Moore, K., & Pareek, N. (2006). Marketing: The Basics. New York: Routledge.

Nielsen. (2015). Younger Consumers Endorse Healthy Foods With A Willingness To Pay a Premium.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Pub. L. No. 13, www.dpr.go.id 1 (2003). www.dpr.go.id.

Priherdityo, E. (2016). Survei: Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat. Retrieved February 5, 2017, from http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160909050532-255-157172/survei-masyarakat-indonesia-mulai-sadar-makanan-sehat/

Proctor, T. (2000). Strategic Marketing: An Introduction. New York: Routledge.

Republika. (2016). Industri Makanan dan Minuman RI Diprediksi Tumbuh Pesat. Retrieved June 24, 2018, from https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/01/08/o0mo9c383-industri-makanan-dan-minuman-ri-diprediksi-tumbuh-pesat

Shopee. (2019). Bagaimana cara berjualan di Shopee? Retrieved February 11, 2019, from https://help.shopee.co.id/s/article/hc-Bagaimana-cara-berjualan-di-Shopee

Suriyadi. (2017). Perhitungan Ramalan Penjualan Pada Toko Kue Kering Rafina. Banjarmasin.

Tokopedia. (2019). 3 Langkah Mudah Jualan di Tokopedia. Retrieved February 11, 2019, from https://www.tokopedia.com/panduan/jual/




DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v2i1.1873

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)