Asas Penghargaan Terhadap Hak Berpendapat Anak: Pengejawantahan ke dalam Pengajaran dan Pembelajaran

Rika Saraswati,


Abstract

The principle of the rights of the child to be heard is one of the principles on the Convention on the Rights of the Child and Indonesia Child Protection Act. The principle is the content of Hukum Perlindungan Anak (Child Protection Law) as a subject on Law curriculum at School of Law, Faculty of Law and Communication, Soegijapranata Catholic University. The implementation of this subject is an academic responsibility in order to transfer new knowledge and values dealing with the rights of the child and to protect children from all of forms of discrimination and violence. The process of transferring knowledge and values has been undertaken by lecturer and students through three main activities, namely teaching, doing research and doing community service

Save to Mendeley



Keywords

The rights of the child to be heard, teaching, learning

Full Text:

PDF

References

Rika Saraswati dan V. Hadiyono. (2015). Tata Tertib Sekolah yang Responsif anti Kekerasan/Bullying sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pemenuhan Hak-Hak Anak Sekolah di Kota Semarang. Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang.

Rika Saraswati dan V. Hadiyono. (2016). Tata Tertib Sekolah yang Responsif anti Kekerasan/Bullying sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pemenuhan Hak-Hak Anak Sekolah di Kota Semarang. Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang.

Rika Saraswati dan V. Hadiyono. (2018, April). The Best Interest of The Child: How Are Children Heard in Family Law Proceeding in Indonesia? Konferensi diselenggarakan oleh The Universiti Malaysia Sabah (UMS), Kota Kinabalu, Sabah.

Rika Saraswati, Emanuel Boputra dan Yuni Kusniati. (2018). Membangun Sistem Pengasuhan Anak Dari Pengasuhan Tunggal Menjadi Pengasuhan Bersama Sebagai Perwujudan Pemenuhan Asas Kepentingan Terbaik Anak (Studi Kasus di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Semarang). Penelitian sedang berlangsung. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang..

Triantoro Safaria, Fatwa Tentama, Hadi Suyono. (2016). Cyberbully, Cybervictim, and Forgiveness among Indonesian High School Students. The Turkish Online Journal of Educational, 15(3), 40-9.

V. Hadiyono dan Rika Saraswati. (2006). Pertimbangan Hakim dalam Pertimbangan Hakim dalam Putusan Pengadilan tentang Hak Nafkah Anak dalam Kasus Perceraian. Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang.

V. Hadiyono dan Rika Saraswati. (2008). Kebijaksanaan Pemerintah Kota dalam Mewujudkan Kota Ramah Anak. Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang.

V. Hadiyono dan Rika Saraswati. (2016). Penerapapan Asas Penghargaan Terhadap Hak Berpendapat Anak Dalam Putusan Pengadilan Tentang Hak Pemeliharaan Dan Mendidik Anak ( Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Semarang). Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang.

V. Hadiyono dan Rika Saraswati. (2016, October). Bullying at Schools and Its Prevention through the School Rules (Case Study in Ten Senior High Schools in Semarang, Indonesia), Konferensi diselenggarakan di Subang Jaya, Malaysia.

V.Hadiyono, Marcella Elwina S, dan B. Resti Nurhayati. (2013). Membangun Pranata Peradilan Restoratif Penyelesaian Perkara Anak yang Berkonflik dengan Hukum Pidana, Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Unika soegijapranata, Semarang.

Yordan Febrianto. (2017). Analisis Hak Berpendapat Anak Sebagai Dasar Pertimbangan Hakim Untuk Memutuskan Hak Pemeliharaan Dan Mendidik Anak Dalam Perkara Perceraian (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Semarang). Skripsi S1 tidak dipublikasikan. Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata, Semarang.,


DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v1i1.1625

Article Metrics

Abstract viewed : 38 times
PDF files downloaded : 4 times