Implementasi Pengetahuan Tradisional Pada Pendidikan Dasar Dan Dokumentasi Daerah Di Kota Ambon

Andreas Pandiangan, Yulita Titik Sunarimahingsih, Andreas Ryan Sanjaya, Ronald Alfredo

Abstract


Artikel ini membahas mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan kepada guru-guru tingkat Sekolah Dasar di empat desa adat (negeri) di Ambon dalam menyusun kurikulum muatan lokal. Kegiatan pengabdian ini didasarkan pada 6 (enam) penelitian yang telah dilakukan sebelumnya secara berkesinambungan sejak tahun 2012 yang menghasilkan temuan-temuan yang menjadi referensi utama para guru dalam menyusun kurikulum muatan lokal. Tujuan kegiatan ini tak lain adalah terwujudnya pelembagaan   pengetahuan tradisional dalam pendidikan di sekolah dasar melalui muatan lokal. Terdapat dua jenis mitra dalam pengabdian ini, yaitu mitra pengguna dan mitra pelaksana. Mitra pengguna adalah Pemerintah Kota Ambon, Dinas Pendidikan Kota Ambon, dan guru-guru SD di empat negeri. Sementara mitra pelaksana adalah Institut Tifa Damai Maluku dan FISIP Universitas Pattimura. Pengabdian ini dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu 1) penyusunan dokumen bahan ajar muatan lokal; 2) Diskusi Kelompok Terarah (FGD) dengan mitra pengguna dan mitra pelaksana; 3) Pendampingan penyusunan Silabus muatan lokal; dan 4) Presentasi guru penyusun silabus dan evaluasi. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah terdapat kebutuhan mendesak untuk mengintegrasikan pengetahuan tradisional dalam pendidikan dasar dan dokumentasi daerah. Kegiatan ini dapat menjadi proyek pilot untuk diterapkan pada negeri-negeri lain di Ambon


Keywords


pengetahuan tradisional; kurikulum sekolah dasar; dokumentasi daerah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)