Pelatihan Validasi Tes Kognitif Berbantuan Aplikasi SPSS 17.0 dan Aplikasi Anates Pada Guru SMAN 1 Singaraja

Nyoman Dantes, Ni Nyoman Lisna Handayani, Ni Ketut Erna Muliastrini

Abstract


Program ini merupakan program yang bersifat terminal dalam rangka peningkatan wawasan dan keterampilan guru-guru SMAN 1 Singaraja dalam melakukan validasi tes kognitif berbantuan aplikasi SPSS 17.0 dan aplikasi Anates. Di dalam pelaksanaannya, program ini akan mengacu pada pola sinergis antara tenaga pakar dan praktisi dari Undiksha dengan kalangan birokrasi dan administrasi pemerintah Kabupaten Buleleng, khususnya Kasubdin Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten setempat. Di sisi lain, program ini juga diarahkan pada terciptanya iklim kerjasama yag kolaboratif dan demokratis dalam dimensi mutualis antara dunia perguruan tinggi dengan masyarakat secara luas di bawah koordinasi pemerintah Kabupaten setempat, khususnya dalam rangka peningkatan kinerja dan profesionalisme guru-guru SMAN I Singaraja secara cepat namun berkualitas bagi kepentingan pembangunan pendidikan di Kabupaten Buleleng. Berdasarkan rasional tersebut, maka program ini merupakan sebuah langkah inovatif dalam kaitannya dengan dharma ketiga perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.


Keywords


SPSS 17.0; Anates; Tes Kognitif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2003. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

-------------. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi, cetakan ke-5). Jakarta: Bumi Aksara.

------------. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Blanchard. (2001). “Contextual Teaching and Learning”. Makalah disampaikan dalam Workshop Contektual Learning di Wisata Hotel taggal 5 April 2001.

Dantes, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Effendi, Sofian., dan Singarimbun, Masri. (2011). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Gibbons, Michael. 1999. Elementary Education Relevance in the 21st Century. Paris: UNESCO and World Bank.

John Wiley & sons: NY. Sudjanna, J. 1989, Statistika Teori dan Aplikasinya Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Johnson, R A. and Bhattacharyya, G.K.. 1992. Statistical Concepts and Methods.

Novalia, dan Syazali, Muhammad. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: AURA.

Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprananto, Kusaeri. 2012.Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Tim Statistika Elementer. 2007. Modul Praktikum Statistika Elementer. Surakarta: FMIPA Press.




DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v3i2.3243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)