Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Generasi Milenial terhadap Credit Union Dengan Pendekatan Cognitive Behavior

Bartolomeus Yofana Adiwena, Eugenius Titus Reinaldi, Lucia Trisni Widhianingtanti

Abstract


Credit Union (CU) merupakan lembaga keuangan mikro yang didasarkan pada tiga prinsip, yaitu kemandirian, kebersamaan, dan pendidikan. CU adalah salah satu pilar utama perekonomian Indonesia yang membantu masyarakat mengembangkan bisnis dan memberikan literasi keuangan kepada anggotanya. Agar operasi CU dapat tetap berlanjut, CU perlu memperluas pasarnya. Salah satu target ekspansi pasar mereka adalah generasi milenial yang saat ini dan ke depannya akan mendominasi persentase penduduk Indonesia. Sayangnya, saat ini banyak kaum milenial yang belum mengetahui tentang CU dan kurang memahami dampak positif yang dimiliki CU. Tujuan dari program ini adalah untuk mengenalkan CU kepada para milenial agar terjadi perubahan sikap para milenial terhadap CU. Program ini dilaksanakan dalam dua hari, hari pertama adalah ceramah oleh narasumber berpengalaman yang diakhiri dengan pembuatan rencana aksi (action plan) pribadi, sedangkan hari kedua merupakan diskusi tentang rencana aksi tersebut. Peserta program ini terdiri dari 33 orang generasi milenial. Perbedaan sikap peserta antara sebelum dan sesudah pelatihan diuji dengan uji on-parametrik Wilcoxon signed-rank test. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan sikap secara keseluruhan (untuk mengikuti CU dan berwirausaha) pada  peserta. Dapat disimpulkan bahwa program ini berhasil meningkatkan minat peserta untuk mengikuti CU dan berwirausaha.


Keywords


cognitive-behavior; credit union; koperasi; generasi milenial

Full Text:

PDF

References


Ervina (2019). Koperasi di Indonesia dan Peranannya dalam Perekonomian. Dari: https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/koperasi-indonesia/

pada 8 Oktober 2020.

Zulhartati, S. (2010). Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia. Guru Membangun, 25(3), 1-7.

Kemenpppa (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia, Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Alvara (2020). Indonesia Gen Z Anda Milennial Report 2020: The Battle Of Our Generation, Jakarta: Alvara.

Prayogo, C. (2019). Wajah Koperasi di Mata Milenial. Diunduh dari: https://www.wartaekonomi.co.id/read252435/wajah-koperasi-di-mata-milenial pada 8 Oktober 2020.

IDN Research Institute (2019). Indonesia Millennial Report 2019, Jakarta: IDN Media.

Kirkpatrick, D. & Kirkpatrick, J. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Francisco: Berrett-Koehler Publisher.

Faulkner, A. E. (2015). A systematic review of financial literacy as a termed concept: More questions than answers. Journal of Business & Finance Librarianship, 20(2), 7–26. doi:10.1080/08963568.2015.982446

Khan, M. T. I., Tan, S. H., & Gan, G. G. G. (2018). Advanced financial literacy on Malaysian gen Y investors and its consequences. The Journal of Applied Economic Research, 13(1), 83-108. doi:10.1177/0973801018800085

Pangestu, S., & Karnadi, E. B. (2020). The effects of financial literacy and materialism on the savings decision of generation Z Indonesians. Cogent Business & Management, 7(1). doi:10.1080/23311975.2020.1743618

Sundel, M., & Sundel, S. S. (2005). Behavior change on the human services: Behavioral and cognitive principles and applications. California, USA: Sage Publications, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v3i2.3185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 PATRIA



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)