Webinar dan Workshop Pengenalan Internet of Things (IOT) untuk siswa SMA Kolese De Britto

Danny Sebastian, Kristian Adi Nugraha, Laurentius Kuncoro Probo Saputra

Abstract


Kerjasama antara SMA Kolese De Britto dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana sudah terjalin dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa kegiatan sudah rutin diadakan sebagai bentuk realisasi kerjasama. Saat ini Internet of Things atau IoT berkembang dengan sangat pesat. Beberapa siswa di SMA Kolese De Britto memiliki minat lebih, khususnya pada bidang Internet of Things. Untuk memfasilitasi siswa tersebut, diadakan kegiatan seminar secara daring atau webinar dengan topik Internet of Things. Kegiatan dilaksanakan mulai September 2020. Kegiatan dilanjutkan dengan workshop secara daring untuk siswa yang tertarik mengimplementasikan pengetahuan pada bidang Internet of Things dalam bentuk produk nyata. Kegiatan workshop dilakukan mulai bulan September sampai dengan November 2020. Ada beberapa kendala, seperti masalah akses internet dan alokasi penjadwalan, karena semua acara dilakukan secara online yang juga berbenturan dengan kegiatan sekolah, namun kegiatan workshop dan pelatihan umum dapat terlaksana dengan baik.

Keywords


Webinar; Workshop; Internet of Things

Full Text:

PDF

References


Huang, Y., & Li, G. (2010). Descriptive models for Internet of Things. 2010 International Conference on Intelligent Control and Information Processing (pp. 483-486). IEEE.

Raharjo, W. S., Sebastian, D., Chrismanto, A. R., & Saputra, L. P. (2019). Pemanfaatan G Suite for Education untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar dan Kapasitas Guru SMA. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2019. Semarang.

Rini, M. N., Sebastian, D., & Nugraha, K. A. (2019). Pelatihan Competitive Programming Tingkat SMA untuk Siswa Kelas XII SMA Kolese De Britto. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2019. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v3i2.3170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 PATRIA



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)