Teknologi Digital pada Pendidikan Arsitektur di Era Industri 4.0

Widriyakara Setiadi, L.M.F. Purwanto

Abstract


Fenomena kurikulum pendidikan Indonesia terus berubah dan selalu diperbaharui dalam setiap periode. Begitu pula dengan perubahan-perubahan kurikulum pendidikan tinggi arsitektur. Kompleksitas dan jumlah projek pembangunan yang meningkat dari tahun ke tahun memunculkan isu arsitek harus menggunakan aplikasi BIM. Kewajiban persyaratan BIM ini masih diberlakukan untuk biro-biro konsultan maupun kontraktor yang ingin mengerjakan projek pemerintah. Revolusi Industri 4.0 telah menciptakan tren-tren baru di bidang teknologi digital.

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui seberapa banyak pengenalan dan penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran di pendidikan arsitektur dan aplikasi-aplikasi apa yang sudah dimanfaatkan dan diajarkan dalam pendidikan arsitektur saat ini.

Metode penelitian menggunakan metode diskriptif analisis, data diambil dari hasil survei yang disebarkan lewat online. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisa sesuai dengan masing-masing katagori.

Simpulan teknologi digital adalah sebuah kebutuhan untuk arsitek di masa datang. Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi digital harus diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan arsitektur.


Keywords


Teknologi Digital; Arsitektur Digital; Kurikulum; Merancang Arsitektur

Full Text:

PDF

References


“Perkembangan Teknologi Era Industri 4.0 Picu Tren Baru dalam Dunia Kerja,” 2021. https://biz.kompas.com/read/2021/07/22/101623728/perkembangan-teknologi-era-industri-40-picu-tren-baru-dalam-dunia-kerja (accessed Jul. 25, 2021).

M. G. Gunagama and N. F. Lathifa, “Automatictecture : Otomatisasi Penuh Dalam Arsitektur Masa Depan,” NALARs, vol. 16, no. 1, p. 43, 2017, doi: 10.24853/nalars.16.1.43-60.

D. S. Mintorogo, “ARSITEKTUR DVD (Digital Virtual Design),” Arsit. DVD (Digital Virtual Des., vol. 28, no. 1, 2000, doi: 10.9744/dimensi.28.1.

D. Andriani, “Ingat! Pendidikan Vokasi Harus Ikuti Perkembangan Era Industri 4.0,” Bisnis.com, 2021. https://teknologi.bisnis.com/read/20210628/84/1410724/ingat-pendidikan-vokasi-harus-ikuti-perkembangan-era-industri-40 (accessed Jul. 25, 2021).

S. Bahfein, “BIM Bakal Jadi Alat Wajib Pembangunan Infrastruktur,” Kompas .com, 2021. https://www.kompas.com/properti/read/2021/03/29/180000221/bim-bakal-jadi-alat-wajib-pembangunan-infrastruktur- (accessed Jul. 25, 2021).

I. E. Sutherland, “Sketchpad a man-machine graphical communication system,” 1963, doi: 10.1145/1461551.1461591.

P. Satwiko, “PERCIKAN PEITIKIRAN PARA ‘BEGAWAN’ ARSITEK INDONESIA MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASL MANGAYUBAGYAPURNATUGAS Prof. Ir. EKO BUDIHARDJO, M.Sc.,” in ARSITEK DIGIT AL, ARSITEKTUR DIGITAL DAN MASA DEPAN ARSITEKTUR GLOBAL, 2009, p. 15.

H. Humppi, “ALGORITHM-AIDED BUILDING INFORMATION MODELING Connecting algorithm-aided design and object-oriented design,” MSc Thesis, 2015.

M. S. Roychansyah, “Seminar Nasional Pendidikan Arsitektur Kurikuium Pendidikan Arsitektur Menuju Masa Depan,” in TELAAH KRITIS KONSEP DAN METODE PEMBELAJARAN ARSITEKTUR DIGIT AL, 2009, doi: 978 - 602 -95156 - 0 --2.

J. Adiyanto, “Kajian Etis Normatif dalam Pendidikan Arsitektur di Era Normative Ethical Study in Architectural Education in the Industrial 4 . 0 ERA,” J. Arsit. dan Perenc., vol. 17, no. 2, pp. 261–270, 2019.

P. Satwiko, Arsitektur Digital, Kelima. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2014.

P. Satwiko, Arsitek Digital, Arsitektur Digital, dan Masa Depan Arsitektur Global, Pertama. Bandung: P.T Alumni, 2009.

R. A. Putra, “Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur,” Elkawnie, vol. 4, no. 1, pp. 67–78, 2018, doi: 10.22373/ekw.v4i1.2959.

Y. E. Kalay, Architecture’s New Media:Principles, The- ories, and Methods of Computer Aided Design, Kedua. Amerika Serikat: The MIT Press, 2004.

R. Tomasowa, “Pembelajaran Komputasi dalam Arsitektur Tingkat Awal,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., 2011, doi: 10.21512/comtech.v2i2.2928.

E. Mark, B. Marten, and R. Oxman, “Preliminary Stages of CAAD Education,” Autom. Constr., vol. 12, no. 6, pp. 661–670, 2003, doi: https://doi.org/10.1016/S0926-5805(03)00045-1.

M. S. Roychansyah, “TELAAH KRITIS KONSEP DAN METODE PEMBELAJARAN ARSITEKTUR DIGITAL,” 2009.

L. M. F. Purwanto, Metodologi riset Arsitektur, Keenam. Semarang, 2010.

L. N. GROAT and D. WANG, ARCHITECTUR AL RESE ARCH METHODS, Second edi. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2013.

A. M. Smith, “Research Methodology: A Step-by-step Guide for Beginners,” Nurse Educ. Pract., 2012, doi: 10.1016/j.nepr.2011.11.008.

J. W. Creswell and C. N. Poth, Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches 4th edition. 2017.

“Lumion,” 2021. https://lumion.com/, diakses tanggal 12 Agustus 2021, pukul 11.50 WIB.




DOI: https://doi.org/10.24167/joda.v1i1.3681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JoDA Journal of Digital Architecture | e-ISSN: 2798-6896 | View My Stats