Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone.id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z Dalam Memperoleh Informasi

Syahra Safriana, Nuriyati Samatan

Abstract


@Indozone.id adalah akun Instagram yang selalu memberikan informasi yang sangat bermanfaat dengan berbagai kategori informasi yang dapat memudahkan seseorang mencari informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat adakah pengaruh antara motif penggunaan media sosial dan kualitas akun Instagram @Indozone.id terhadap kepuasan followers generasi z. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification.  Hasil dalam penelitian ini adalah pada uji T antara motif penggunaan media terhadap kepuasan follower mendapatkan nilai Fhitung (4.692) > Ftabel (1.966) dengan nilai signifikasi (0.000) < (0.05) yang berarti terdapat pengaruh secara parsial antara motif penggunaan media terhadap kepuasan followers. Uji T pada kualitas informasi dan kepuasan followers mendapatkan nilai Fhitung (8.374) > Ftabel (1.966) dengan nilai signifikasi (0.000) < (0.05) yang berarti terdapat pengaruh secara parsial antara kualitas informasi dengan kepuasan followers. Pada uji F diperoleh Fhitung (66. 649) > Ftabel (3. 019) dengan nilai signifikasi (0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara motif penggunaan media sosial dan kualitas informasi akun Instagram @Indozone.id terhadap kepuasan followers generasi z dalam memperoleh informasi. Pada uji koefisien determinasi diperoleh determinasi R sebesar 0.533 atau 53.3 %, nilai ini menjelaskan bahwa kepuasan followers generasi z dipengaruhi oleh motif penggunaan media sosial dan kualitas informasi akun Instagram Indozone.id sebesar 53.3%.


Keywords


Motif Penggunaan Media; Kualitas Informasi; Instagram; Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Codrington, Graeme., dan Sue Grant-Marshall. 2004. Mind the gap. penguin books.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Gozhali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kriyantoro, Rachmat. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Penada Media Grup.

O’Brien, James. 2005. Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Rakhmat, Jalaludin. (2009.) Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samatan, Nuriyati. (2018). Riset Komunikasi II. Jakarta: Gunadarma.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suharyadi & Purwanto. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suzy Azeharie dan Octavia Kusuma. (2014). “Analisis Penggunaan Twitter Sebagai Media Komunikasi Selebritis di Jakarta”. Jurnal Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Tarumanegara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.3601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats