Peran Supervisi Akademik Sebagai Pemoderasi Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru

Kuntari Kuntari, Robertus Basiya, Lie Liana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dimoderasi supervisi akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Swasta se-Kecamatan Pati Kabupaten Pati sebanyak 149 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kompetensi pedagogik tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, supervisi akademik tidak memoderasi pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, supervisi akademik tidak memoderasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru. 


Keywords


kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, supervisi akademik, kinerja guru

References


Aldaihani, S.G.2017.Effect of Prevalent Supervisory Styles on Teaching Performance in Kuwaiti High Schools. Asian Social Science; Vol. 13, No. 4; 2017 ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025.

Andronache, G.2015.Competence and Performance in The Teaching Profession. JEL Classification: I21, L25, M54.a.

Arifin, Z.2013.Menjadi Guru Profesional (Isu dan Tantangan Masa Depan) Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa Depan). Edutech, Tahun 12, Vol.1, No.3.

Bakar, R.2018.The Influence Of Professional Teachers On Padang Vocational School Students' Achievement. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.12.017

Barinto.2012.Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Precut Sei Tuan. Jurnal Tabularas PPS Unimed. Vol 9 No.2.pp 201-214. ISSN 1693-7732.

Basiya, R. dan Hakim, L.2018.Supervisi Akademik Memoderasi Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru. JBE Vol. 25, (1): 66. ISSN (print): 1412-3126 ISSN (online): 26553066.

Dewi, T. A.2015.Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. ISSN: 2442-9449 Vol.3. No .1.

Glickman, C. D.1981.Development Supervision Association FPR Supervision And Curriculum Development Nort Washington Street. Virginia Alexandria.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., and Ross-Gordon, J.M.2007.Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason

Guerriero, S.2017.Educational Research and Innovation: Pedagogical Knowledge. ISBN 978-92-6427068-8 (print) ISBN 978-92-6427069-5.

Hafni, E.2020.Pengaruh Supervisi Dan Kompetensi Melalui Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru MAN Se-Kota Medan. ISSN: 2442-7063. ISSN: 2442-6024

Hakim, A. O.2015.Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. Volume 4 ISSN (e): 2319 – 1813 ISSN (p): 2319 – 1805.

Hasan, M.2017.Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix Vol5 No 2.

Heriswanto.2018.Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMPN I Lambuya Kab. Konawe Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Volume 3 Nomor 3 Edisi Agustus 2018 (136-152).

Ikhrom.2018.Menyoal Kinerja Guru, Dampak Sertifikasi terhadap Guru. DOI:10.31227/osf.io/3r7v2.

Liana, L. dan Suwarto, D.2017.Supervisi Akademik Memoderasi Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Modal Sosial Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMK Negeri 2 Pati). Vol 1, No 1 (2017).

Mangkunegara, A. P.2009.Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi, A.2011.Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Home Vol 7 No. 2.

Mulyasa, E.2011.Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muyiman.2018.The Strategy of Madrasa Ibtidaiya Principal in Human Resource Development for Increasing Teachers’ Professional And Academic Competency.DOI: 10.18326/mudarrisa v10i1.127-147.

Ndapaloka, V., Hardyanto, W., dan Prihatin, T.,2016.Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende.ISSN 2252-7001. EM 5 (1)

Ndebele, C.2013.Prevalent Supervisory Styles in primary Schools in a Remote Rural District in Zimbabwe: Strategies for Reconciling them with Teacher Preferred Supervisory Styles. Stud Tribes Tribals, 11(1): 55-66 (2013).

Novebri, N., Kasman, R., dan Sabandi, A.2018.Relationship Between Pedagogical Competence And Teacher Performance In Public Elementary School. DOI: https://doi.org/10.29210/20181139.

Nurdianti, R. S.2017.Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Bandung. Vol. 18 No. 2, 2017, 177-188 177-188

Paida, A.2018.Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 4 Makassar. ISSN: 2621-6477.

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008, tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.

Purbasari, M. 2015. Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rahman, M.2014.Professional Competenc, Pedagogical Competence and the Performance of Junior High School of Science Teachers. ISSN 2222-1735 Vol 5, No.9.

Ramadhan, A.2017.Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. ISSN:2460-1497 dan e-ISSN: 2477-3840.

Sappaile, N.2017.Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi. Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar Guru Terhadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan.Vol. 19, No. 1.

Sopandi, A.2019.Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. e-ISSN 2621-3389. p-ISSN 2615-3009 Vol. 2, No.2.

Sonmark, K. 2017. Understanding teachers' pedagogical knowledge. Report on An International Pilot Study. OECD Education Working Papers No. 159.

Syahruddin, Andi, E., dan Ede, M, N.2013.Teachers’ Pedagogical Competence in School-Based Management: A Case Study in a Public Secondary School at Pare-Pare, Indonesia. Journal of Education and Learning. Vol.7 (4) pp. 213-218.

Tesema, A.2014.The Practices and Challenges of School-Based Supervision in Government Secondary Schools of Kamashi Zone of Benishangul Gumuz Regional. Institute of Education and Professional Development Studies Department of Educational Planning and Management

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Nomor 2005, tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Yunos, J. B.M & Kotirdea., I. Y. 2014. The Processes of Supervisions in Secondary Schools Educational System in Nigeria. Modibbo Adama University of TechnologyYola School of Technology and Science EducationYola Nigeria Faculty of Technical and Vocational Education, Universiti Tun Hussein Onn, Malaysia, 86400, Parit Raja, Batu Pahat, Johor, Malaysia.

Yusriadi.2014.Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Pada Universitas Malikussaleh. ISSN ISBN 978.602.14708-1-7.

Veloo, A.2013.The Effects of Clinical Supervision on The Teaching Performance of Secondary School Teachers School of Education and Modern Languages, Universiti Utara Malaysia, 6010 Sintok, Malaysia.




DOI: https://doi.org/10.24167/jemap.v4i1.3183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2622-612X | View My Stats