Efektifitas Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Menurut Konsumen Di Semarang

Sentot Suciarto Athanasius, Markus Widyanto

Abstract


Upaya komunikasi pemasaran Universitas Katolik Soegijapranata dilakukan berbagai bentuk. Ada iklan yang terus menerus dilakukan baik secara audio lewat radio maupun secara visual lewat baliho dan internet. Upaya komunikasi lain juga dipergunakan melalui expo ke berbagai sekolah SMA/SMK, relationship marketing dalam jaringan gereja katolik, maupun adanya word of mouth atau publisitas Unika termasuk di dalamnya pengenalan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kerangka teori Attention, Interest, Desire dan Action dipakai untuk mengukur efektifitas media digital dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa FEB secara purposive sampling, yaitu mahasiswa aktif angkatan 2017, 2018, dan 2019 sejumlah 143. Kuesioner dikumpulkan dengan google form dan diseleksi kelengkapan jawaban. Dari kues diketahui pendapat atau persepsi yang membuat mereka tahu, tertarik, berminat dan masuk FEB Unika Soegijapranata. Semakin tinggi skor AIDA menunjukkan semakin efektif media tersebut untuk iklan atau komunikasi pemasaran FEB Unika. Walaupun media digital di angkatan sebelumnya belum tinggi prosentasenya, namun sehubungan dengan trend penggunaan media digital semakin banyak maka iklan di media digital perlu dibuat semenarik mungkin agar mampu membuat keinginan dan hasrat serta tindakan masuk FEB Unika Soegijapranata.


Keywords


konsep AIDA, bauran promosi, iklan/advertising, efektifitas.

References


Chaffey, Dave; Fiona Ellis-Chadwick; Kevin Johnston; and Richard Mayer (2006). Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Third Edition. Harlow England: Pearson Education Limited.

Chaffey, Dave (2009). E-business and E-commerce Management.: Strategy, Implementation and Practice. Fourth Edition. Harlow England: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2012). Marketing Management 14e.Global Edition. Boston: Pearson.

Kurniasari, Trisyana (2018). Efektifitas Website sebagai Media Komunikasi Pemasaran Desa Wisata. Skripsi. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Putra, Mahardika. (2018). Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk.(2007). Consumer Behavior. Ninth Edition. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall.

Santosa, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wicaksono, Kuspuji Catur Bagus. (2013). Mengukur Efektifitas Social Media bagi Perusahaan. Binus Business Review. Vol 4 no 1. Mei 2013. Jakarta: Sekolah Bisnis Bina Nusantara.

Wijaya, Bambang Sukma, (2013). The Development of Hierarchy Effects Model in Advertising. International Research Journal of Business Studies. Vol 5. No 1. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.




DOI: https://doi.org/10.24167/jemap.v3i2.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2622-612X | View My Stats