Analisis Kinerja Pemasaran PT. NSS

Edwin Kanadi, M.Y. Dwi Hayu Agustini,



Abstract

PT. NSS merupakan distributor produk pelumas yang mendapat ijin distribusi dari principal untuk suatu area. Perusahaan harus mengikuti mempertahankan suatu tingkat kinerja sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan principal. Upaya untuk mempertahankan kinerja pemasaran perusahaan senantiasa perlu dilakukan untuk dapat tetap mendapatkan ijin distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pemasaran PT NSS berdasar elemen bauran pemasaran (4P). Data dikumpulkan dari 50 konsumen aktif yang rutin melakukan pembelian dalam enam bulan terakhir dengan menggunakan kuesioner. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kinerja pemasaran perusahaan dengan bantuan tabel dan menggunakan rata-rata. Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa kinerja pemasaran PT. NSS baik. Masing-masing elemen bauran pemasaran dinilai baik oleh konsumen. Elemen distribusi (place) dinilai paling baik dibandingkan dengan elemen lainnya, khususnya terkait dengan jaminan produk sampai ke tangan konsumen dengan baik dan tepat waktu. Sedangkan promotion merupakan elemen bauran pemasaran yang dinilai paling rendah walaupun program promosi dinilai menarik dan sering dilakukan.

Save to Mendeley



Keywords

Bauran pemasaran, pemasaran, pelumas

References

Amna. (2014). Strategi Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Pada PT. MarihatTambusai. Jurnal Manajemen .

Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fayshal, A., & Medyawati, H. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok. Jurnal Asuransi dan Manjemen Resiko , 1(2).

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Eisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jaakkola, M., Möller, K., Parvinen, P., & Evanschitzky, H. (2012). Strategic Marketing and Business Performance: A Study in Three European Engineering Countries. International Journal of Research in Marketing .

Kotler, P. (2001). Marketing Management. New York: Prentice Hall.

Mongay, J. (2006). Strategic Marketing. A Literature Review on Definitions, Concepts and Boundaries. MRPA Paper No.41840 .

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Vignali, C. (2001). McDonald's: "Think Global, Act Local" - The Marketing Mix. British Food Journal , 103(2), 97-111.

Wibowo, H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis , 29 (1).

Article Metrics

Abstract viewed : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.