PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI PADA SISWA KELAS X-3 SMA MASEHII PSAK TAHUN 2012

A. Jolana Renee Solarbesain

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran kurang bervariasi. Akibatnya berpengaruh pada rendahnya penguasaan materi, belum sesuai dengan harapan 70 % ketuntasan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan materi maka perlu digunakan metode pembelajaran lain yang dapat dijadikan altematif pengganti metode ceramah. Dalam penelitian ini dicoba digunakan model Examples Non-examples Bervariasi untuk meningkatkan penguasaan materi sejarah pembentukan bumi. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Examples Non-Examples bervariasi tidak hanya guru yang berperan selama KBM, melainkan terjadi interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan materi siswa dengan diterapkannya model Examples Non-examples dalam pembelajaran geografi. Untuk menjawab tujuan ini maka dirumuskan masalah: apakah model pembelajaran Examples Non-Examples bervariasi dapat meningkatkan penguasaan meteri sejarah pembentukan bumi? Dan apakah model Examples Non-Examples dapat meningkatkan jumlah siswa yang tuntas prestasi belajarnya? Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2012/2013, pada bulan September-Oktober 2012. Subyek penelitian adalah kelas X-3 dengan jumlah siswa 22. Rancangan penelitian disusun dua siklus, serta teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi serta penilaian pendahuluan. Analisis data dilakukan secara deskriptif.

Hasil penelitian Siklus I menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan model Examples Non-Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasilnya dapat diketahui pada Siklus I ketuntasan yang semula hanya 18,18 % menjadi 36,36 % dan meningkat pada Siklus II menjadi 76,19%.

Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa model Examples Non-Examples Bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar, juga meningkatkan jumlah siswa yang tuntas prestasi belajar pada kompetensi dasar sejarah pembentukan bumi, sehingga disarankan guru geografi hendaknya menerapkan model Examples Non-Examples dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai kompetensi dasar.


Save to Mendeley



Keywords


Examples Non-Examples Bervariasi, penguasaan materi, geografi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Layla, T.N. tanpa tahun. Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Example Non-Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-9 SMAN 5 Malang.

Umam, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Example Non-Examples dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi pada Materi Hidrosfer Kelas VII-A Semester II (Genap) di SMP Negeri 6 Sampang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Budiyani, W. tanpa tahun. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Example Non-Examples untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X. C Di SMA Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.