PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI TEKNIK MENULIS SEMI-TERBIMBING DENGAN MEDIA SYAIR LAGU PAD A SISWA KELAS IX H SMP NEGERI17 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

. Supriyono

Abstract


Kemampuan menulis cerita pendek (cerpen), merupakan kemampuan bersastra yang sulit dan kompleks. Fakta menunjukkan siswa kelas IX H SMP Negeri 17 Semarang tahun pelajaran 2011/2012 masih mengalami kesulitan dalam mempelajari mated tersebut. Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan menulis cerpen melalui teknik menulis semi-terbimbing dengan media syair lagu. Melalui pembimbingan, siswa dipandu bagaimana cara menulis cerpen. Dan agar menarik, lagu remaja atau lagu pop yang digemari siswa digunakan sebagai media untuk memantik minat dan memudahkan siswa dalam menulis cerpen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX H SMP Negeri 17 Semarang. Dari segi hasil, unsur pembentuk cerpen yang dihasilkan seperti tema, alur, latar, sudut pandang pengarang, penokohan, majas, dan amanat sudah memenuhi syarat sebuah cerpen yang menunjukkan kelengkapan unsur, keutuhan, dan bahasa yang cukup baik dan menarik. Rata-rata nilai yang dicapai siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 65,76 pada siklus 1 dan 71,84 pada siklus 2. Dari segi proses, pembelajaran menulis cerpen melalui teknik menulis semi-terbimbing dengan media syair lagu dapat mengubah perilaku siswa dan mampu mendatangkan respon positif. Siswa tampak aktif, berinisiatif, bekerja sama, dan bertanggung jawab dalam merekayasa syair lagu menjadi sebuah cerpen, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih interaktif, hidup, dan bermakna.


Save to Mendeley



Keywords


menulis cerpen, teknik menulis semi-terbimbing, syair lagu

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., M.G. Arsjad, dan S.H. Ridwan. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, B., R. Mark., dan N.S. Singer. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Hidayat, S. 2000. 'Telaah Segi Intrinsik Kumpulan Cerpen Hujan Kepagian Karya Nugroho Notosusanto'. Skripsi. Undip Semarang

Jassin, H.B. 1983. Analisa: Sorotan Cerita Pendek. Jakarta: Gunung Agung

Nasution. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sudikan, S.Y. 2005. Pengembangan Kemampuan Menulis Sastra dalam Bahan Pelatihan PTBK Guru SMP. Jakarta: Depdiknas.

Sumardi dan A.R. Zaidan. 1997. Pedoman Pengajaran Apresiasi Cerpen SLTP & SLTA untuk Guru dan Siswa. Jakarta: Balai Pustaka.

Tarigan, H.G. 1987. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.