MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PERMAINAN DENGAN MEDIA SMART STICK MATERI BUDAYA DEMOKRASI KELAS XI-IS SMA MASEHI 1 PSAK SEMARANG

Sri Kristiani

Abstract


Pembelajaran mata pelajaran PKn masih searah sehingga mempengaruhi rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mencari solusi dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran model Permainan dengan Media Smart Stick pada materi budaya demokrasi. Pada pembelajaran model permainan dengan media smart stick, siswa lebih banyak berperan melalui permainan dan diskusi. Penelitian dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan setiap siklus prosedur kegiatannya ada empat tahapan diawali dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Setting pelaksanaannya dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 bulan Septembrer sampai bulan November. Subyek penelitian siswa kelas XI-IS2 SMA Masehi 1 PSAK Semarang sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisa data secara deskriptif dan statistik sederhana. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model permainan dengan media smart stick dapat meningkatkan keaktifan siswa mencapai 85% dan meningkat pula hasil ulangan siswa menjadi 84% yang memenuhi KKM dengan nilai rata-rata nilai ulangan mencapai 84,42.

Save to Mendeley



Keywords


Aktivitas, prestasi belajar, smart stick

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

Pitarto, L. 2008. PTK: Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Scarcity dan Unlimited Needs dengan Menggunakan Media Smart Stick. Semarang.

Suharsimi A., Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.