IMPLEMENT ASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI 'BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN' DI KELAS VIII A SMP N 29 SEMARANG

. Atiningsih

Abstract


Masalah utama dalam penyampaian mata pelajaran biologi adalah bagaimana menghubungkan fakta yang pernah dilihat dan dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep pembelajaran biologi sehingga menjadikan siswa lebih paham. Proses untuk mencapai prestasi belajar secara optimal pada pembelajaran biologi membutuhkan motivasi dan perhatian yang lebih, serta dibutuhkan komponen pendidikan yang baik dari faktor siswa, faktor guru, sistem pembelajaran, maupun strategi pembelajaran. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode make a match. Model pembelajaran ini menekankan adanya kelompok-kelompok, dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam satu kelompok. Nilai ulangan harian sebelum perlakuan tindakan kelas dengan metode make a match cukup rendah, yaitu sebesar 67,73 dengan ketuntasan belajar 55%. Hasil perlakuan tindakan kelas dengan metode make a match pada Siklus I adalah rata-rata nilai ulangan harian sebesar 75,55 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,5%. Pada Siklus II diperoleh hasil rata-rata nilai ulangan harian 82,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan rata-rata nilai ulangan harian dan persentase ketuntasan belajar.

Save to Mendeley



Keywords


make a match, motivasi belajar, persentase ketuntasan belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nur, M. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar, Buku Afar Mahasiswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nur, M., Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Pres s-UNESA.

Nur, M. 2001. Pembelajaran Kooperatif dalam Kelas IPA. Surabaya:' UNESA. Saptono,

Sigit. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: UNNES


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats