EMPOWERMENT, MOTIVASI DAN KINERJA: MENELITI DAMPAK FEEDBACK, REWARD DAN MACHIAVELLIAN

Maria Theresa, Monika Palupi M

Abstract


Tujuan dilakukan empowerment dalam organisasi adalah untuk membangun daya, dengan cara mendorong, memotivasi dan menumbuhkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dalam diri individu. Drake, Wong dan Slater (2007) menggunakan feedback dan reward sebagai anteseden dari empowerment. Drake, Wong dan Slater (2007) menggunakan tiga dimensi empowerment yaitu: (1) impact, (2) competence dan (3) self-determination. Penelitian ini menambahkan variabel internal machiavellian sebagai anteseden empowerment. Individu yang memiliki sifat machiavellian lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk memaksimalkan kepentingan pribadi. Selain itu, individu yang memiliki sifat machiavellian lebih dapat melihat peluang untuk kepentingan pribadi.
Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris mengenai efek Machiavellian personality terhadap proses empowerment dan kinerja. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unika Soegijapranata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimennya adalah 2x2x2 (feedback x reward x machiavellian), dengan kategori pengkondisian between subject.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa feedback berpengaruh terhadap impact, competence dan self-determination. Sedangkan reward dan sifat machiavellian tidak berpengaruh terhadap impact, competence dan selfdetermination. Namun jika hanya feedback saja yang berpengaruh terhadap impact, competence dan self-determination, ternyata hal tersebut belum dapat menggerakan motivasi individu untuk menghasilkan kinerja

Keywords


Machiavellian personality, empowerment, feedback, reward, kinerja

Full Text:

PDF

References


Drake A. R, Wong, Jeffrey and S. B. Salter. 2007. Empowerment, Motivation, and, Performance: Examining the Impact od Feedback and Incentives on Nonmanagement Employees. Behavioral Research In Accounting 19: 71-89.

Gibson, Ivancevich, Donnely. 1987. Fundamentals of Management. Six Edition.

Gibson, Ivancevich, Donnely. 1993. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Kelima Cetakan Ketujuh Terjemahan Djarkasih: Penerbit Erlangga. Jakarta.

Gibson, Ivancevich, Donnely. 1995. Preproject planning process for capital facilities, Journal of Construction Engineeringand Management.

Gibson, Invancevich, Donelly and Konopaske. 2003. Organizational: Behaviour, Structure, Processes. Eleven Edition: McGraw-Hill/Irwin.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan Mustafa. 2000. Teknik Sampling. diunduh dari: home.unpar.ac.id/~hasan/SAMPLING

Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah Dan Pengalaman- Pengalaman. Edisi 2004/2005: Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Jogiyanto. 2009. Konsep dan Aplikasi Partial Least Square Untuk Penelitian Empiris. Edisi Pertama: Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Purnamasari, St. Vena dan Agnes Advensia Chrismastuti. 2006. Dampak Reinforcement Contingency Terhadap Hubungan Sifat Machiavellian Dan Perkembangan Moral. Laporan Penelitian. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Richmond, Kelly A. 2001. Ethical Reasoning, Machivellian Behavior, and Gender: The Impact on Accounting Students Ethical Decision Making. Desertasi. Blacksburg, Virginia.

Spreitzer, G. 1995. Psychological enpowerment in the workplace: Dimensions, measurement, and validation. Academy of Management Journal 38 (5): 1442-1465.

Sulistyanto, H. Sri dan Clara Sulislawati, 2008. Metode Penulisan Skripsi, Edisi 6, Semarang: Penerbit Universitas Katolik Soegijapranata dan Pusat Pengembangan dan Pengkajian Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata.

Thomas, K. W., and B. A. Velthouse. 1990. Cognitive elements of empowerment: An interpretive model of intrinsic task motivation. Academy of Management Review 15: 666-881.

Yolanda, Poppy. 2009. Dampak Adverse Selection Terhadap Eskalasi Komitmen dengan Locus of Control Sebagai Variabel Moderating. Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24167/jab.v11i22.421



Print ISSN : 1412-775X | online ISSN : 2541-5204 JAB Stats