Pengaruh Risiko Keuangan, Dividen, Kepemilikan Manajerial dan Reputasi Auditor Terhadap Perataan Laba

Sinta Nadya Karina

Abstract


Abstract
This study reexamine the effect of financial risk, dividen, managerial ownership, auditor reputation on income smoothing practice by taking firm samples from Indonesia Stock Exchange. Eckel Index is used as a measure of income smoothing. Firms samples were drawn from companies listed on Indonesia Stock Exchange in the period of 2011-2015. Using logistic regression, the evidence showed that financial risk has an effect on income smoothing. On the contrary, dividen, managerial ownership, and auditor reputation have no significant effect on the income smoothing. Several control variables were also tested and the results show that leverage and profitability have significant effect on income smoothing.
Keywords: Finance Risk, Dividen, Managerial Ownership, Auditor Reputation, Income Smoothing.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Risiko Keuangan, Dividen, Kepemilikan Manajerial dan Reputasi Auditor terhadap Perataan Laba yang menggunakan seluruh tipe perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Indeks Eckel digunakan untuk menentukan praktik perataan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa risiko keuangan berpengaruhi signifikan terhadap perataan laba. Sementara, dividen, kepemilikan manajerial dan reputasi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba. Dalam penelitian ini juga ditambahkan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, dan tingkat utang. Hasil pengujikan menunjukkan hanya tingkat utang dan profitabilitas yang berpengaruh terhadap perataan laba.
Kata Kunci: Risiko Keuangan, Dividen, Kepemilikan Manajerial, Reputasi Auditor, Perataan Laba.

Keywords


Finance Risk, Dividen, Managerial Ownership, Auditor Reputation, Income Smoothing

Full Text:

PDF

References


Aji, D. Y. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan dan Struktur Kepemilikan terhadap Praktek Perataan Laba : Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Dewi, R. K. 2011. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan yang Terdaftar di BEI. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Gayatri, I. A. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM.SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasanah, M. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Leverage dan Kebijakan Dividen Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Jogiyanto. 2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi.Yogyakarta: BPFE.

Kahari, O. J. 2013. Faktor-faktor yang menentukan Tindakan Perataan Laba. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Kurniawan, M. D. 2012. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Maharani, B. 2006. Pengaruh Besaran Perusahaan, Financial Leverage dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Noviana, S. R. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Praktik Perataan Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2006-2010. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Prayudi, D. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan dan Struktur Kepemilikan terhadap Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Rahmawati, D. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2010). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Sari, L. R. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Kepemilikan terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Artikel Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Setiawan, A. D. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di BEI. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Subhekti, Y. 2008. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba (Income Smoothing) dan Bukan Perataan Laba (Non Income Smoothing) (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2002-2006). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Sulistiyawati. 2013. Pengaruh Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen dan Reputasi Auditor Terhadap Perataan Laba. Jurnal Analisis Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Yasa, W. 2009. Perataan Laba (Income Smoothing) dan Analisis Faktor-faktor (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Tesis Fakultas Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.24167/jab.v18i1.2705



Print ISSN : 1412-775X | online ISSN : 2541-5204 JAB Stats