KAJIAN NILAI MODULUS REAKSI SUBGRADE DAN NILAI CBR BERDASARKAN PENGUJIAN DI LABORATORIUM

Yosua Christandy, Novan Dwi Pranantya

Abstract


Tanah merupakan bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan kondisi dan karakteristiknya sebelum melakukan proses perencanaan maupun pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Tanah sebagai dasar dari pondasi diharapkan memiliki daya dukung yang tinggi dan mengalami penurunan yang relatif kecil. Dalam perencanaan kontruksi berskala besar, pengujian tanah dilakukan untuk mendapatkan nilai parameter tanah sehingga jenis dan sifat tanah dapat diketahui dan meminimalkan risiko keruntuhan dan terjadi kegagalan struktur tanah pondasi yang juga bisa berakibat kegagalan struktur di atasnya. Subgrade merupakan lapisan tanah yang paling bawah dan paling dominan menahan beban konstruksi. Pemadatan tanah dasar sangat diperlukan jika tanah dasar tersebut memiliki kualitas yang kurang memenuhi spesifikasi atau kurang mendukung untuk menerima beban konstruksi.Salah satu faktor parameter tanah yang mempengaruhi daya dukung kekuatan tanah adalah modulus reaksi subgrade (ks). Pada perencanaan perkerasan, nilai modulus reaksi subgrade(ks) diambil dari NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities) yang membuat grafik hubungan nilai ks dan nilai California Bearing Ratio berdasarkan hasil pengujian di lapangan. Melalui penelitian ini akan dicoba menemukan hubungan antara nilai ks dan CBR berdasarkan pengujian di laboratorium dan akan dibandingkan dengan hasil grafik NAASRA.

Save to Mendeley



Keywords


apisan tanah subgrade, modulus reaksi subgrade, uji beban pelat, CBR.

Full Text:

PDF

References


Atkins, H.N. (1997). Highway Materials, Soils, and Concretes,Third Edition, Columbus, Ohio.

Rahmawati, A., Zaika, Y., Suryo, E.A. (2014). Perbandingan Modulus Reaksi Subgrade Berdasarkan Uji CBR Terhadap Hasil Uji Beban Pelat (Studi Kasus: Perencanaan Perkerasan Kaku). Malang: Universitas Brawijaya Malang. Hal. 1-3

Sukmara, R. B. 2013. Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Jalan Akses Pelabuhan Internasional Socah Bangkalan Madura. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Yoder, E.J., Witczak, M.W. (1975). Principles of Pavement Design, Second Edition, John Wiley & Sons Inc., New York.

_________. (2002). Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats