KAJIAN KARAKTERISTIK DAS (Studi Kasus DAS Tempe Sungai Bila Kota Makassar)

Angelica Mega Nanda, Eko Prasetyo Nugroho, Budi Santosa

Abstract


Kota Makassar menjadi salah satu kota dengan tingkat pembangunan infrastruktur yang tinggi dan menyebabkan perubahan lahan yang sangat signifikan. Fenomena tersebut berdampak pada pola aliran di permukaan (surface flow) dan wilayah resapan air. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui karakteristik hidrologi DAS Tempe Sungai Bila di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan model hidrologi dengan bantuan software Hydrologic Engineering Centers Hydrologic Modeling System (HEC-HMS). Hidrograf yang dihasilkan HEC-HMS berupa outflow diolah untuk mengetahui karakteristik DAS Tempe Sungai Bila.
Hasil penelitian menunjukan bahwa parameter yang digunakan pada simulasi tersebut sesuai dengan parameter yang ada. Dari analisis outflow didapatkan karakteristik hidrologi DAS Tempe selama tahun 2003 sampai dengan tahun 2013 antara lain debit maksimum rata-rata sebesar 81,46 mm; debit minimum rata-rata sebesar 1,05 mm; koefisien regime rata-rata sebesar 170,48 mm dan koefisien storage sebesar 0,06 mm.

Save to Mendeley



Keywords


Karakteristik hidrologi, DAS, Curah hujan rancangan, HEC-HMS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats