Evaluasi Kinerja Sistem Jaringan Drainase Panggung Lor Kota Semarang

Calvin Tanuwijaya, Made Wijaya Kusuma

Abstract


Kecamatan Semarang Utara merupakan wilayah Semarang bagian utara yang terdiri dari sembilan kelurahan, salah satunya adalah kelurahan Panggung Lor. Sejak tahun 1993, banjir dan rob menjadi langganan warga kelurahan Panggung Lor, Semarang Utara. Pada tahun 2017 situasi di wilayah Panggung Lor mulai berubah. Faktor yang menyebabkan banjir di daerah Panggung Lor mulai berkurang salah satunya adalah karena bantuan stasiun pompa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting, kapasitas saluran drainase serta menganalisis dan mengevaluasi kinerja pompa di daerah Panggung Lor. Analisa menggunakan program EPA SWMM 5.1. Pada kondisi eksisting, terdapat kerusakan pada dinding badan saluran drainase di Jalan Kuala Mas 15. Berdasarkan hasil analisis, saluran drainase yang ada di Jalan Telaga Mas Raya kelurahan Panggung Lor masih mampu menampung debit air yang mengalir sebesar 86% dengan total inflow 13,65 m3/s. Pemodelan yang menggunakan periode ulang 2 dan 10 tahunan, apabila pompa aktif sesuai kondisi eksisting tidak akan menyebabkan flooding. Jika menggunakan periode ulang 25 tahunan, masih menyebabkan flooding sehingga perlu penambahan pompa dengan debit 0,7 m3/detik di rumah pompa 3 dan 1 pompa dengan debit 1 m3/detik di rumah pompa 4.

Keywords


Evaluasi sistem jaringan, saluran drainase, flooding, SWMM

References


Agustianto, D.A. (2014): Model Hubungan Hujan dan Runoff (Studi Lapangan). Skripsi. Universitas Sriwijaya.

Hasmar, H. (2002): Drainase Perkotaan. Jakarta: Universitas Islam Indonesia.

Lutfiyah, R., Arna, F., dan Ira, P. (2010): Penentuan Lokasi Rumah Pompa Kota Surabaya Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Skripsi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Mori, K., Sosrodarsono, S., dan Takeda, K. (2016): Hidrologi untuk Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Peta Wilayah Kota Semarang diperoleh dari situs internet: http://www.semarangkota.go.id. Diunduh pada tanggal 23 Oktober 2018, Pukul 18.53 WIB.

Situmorang, R. (2015): Penerapan Model EPA SWMM 5.1 untuk Evaluasi Saluran Drainase di Darmawangsa Residence Bekasi Jawa Barat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Suripin (2004): Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24167/gsmart.v4i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats