Analisis Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Orang

Pandu Astha Lazuardi, Rizky Alfiandhi Prasetya, Djoko Setijowarno, Rudatin Ruktiningsih

Abstract


Bersamaan dengan kemajuan dan perkembangan populasi pada Kota besar volume kendaraan dan pejalan kaki semakin meningkat. Hal ini akan mengakibatkan konflik antara volume kendaraan yang melintas dengan pejalan kaki yang menyeberang. Permasalahan yang terjadi yaitu konflik antara penyeberang jalan dengan kendaraan bermotor yang memungkinkan terjadinya kecelakaan. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan maka diperlukan fasilitas penyeberangan orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akan kebutuhan fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki dan memberikan rekomendasi jenis fasilitas penyeberangan orang yang tepat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung di titik lokasi yang telah ditentukan yang diamati selama tiga hari pada jam – jam sibuk. Data- data yang diambil berupa volume kendaraan, volume pejalan kaki, dan geometri jalan. Data yang didapatkan digunakan untuk mendapatkan nilai PV2. Nilai tersebut akan digunakan untuk menentukan jenis fasilitas penyeberangan orang yang sesuai dengan titik lokasi yang ditentukan. Hasil perhitungan PV2 untuk empat titik lokasi yang diamati didapatkan tiga lokasi yang layak untuk direncanakan pembangunan fasilitas penyeberangan orang, yaitu pada ruas jalan Pandanaran di titik lokasi toko peralatan AGUSTA berupa pelican crossing (lampu swakelola) dengan nilai PV2 139.332.136,5. Ruas jalan MT Haryono di titik lokasi Java Mall berupa pelican crossing (lampu swakelola) dengan lapak tunggu yang nilai PV2  223.380.673,3. Ruas jalan Teuku Umar di titik lokasi Pasar Jatingaleh berupa penyeberangan tidak sebidang dengan nilai PV2 1.087.398.217. Satu lokasi tidak memerlukan fasilitas penyeberangan orang, yaitu pada ruas jalan Teuku Umar depan SMK Antonius tidak diperlukan fasilitas penyeberangan orang.


Keywords


Volume Kendaraan, Volume Penyeberangan, Fasilitas Penyeberangan, Pelican Crossing

References


Asnanti, Fransiska R. 2017. Perancangan Kebutuhan Jembatan Penyeberangan Orang (Jpo) Berdasarkan Analisis Hubungan Arus Kendaraan-Penyeberang Jalan Dan Perilaku Lalu Lintas (Studi Kasus : Jalan Persatuan, Yogyakarta). Laporan Tugas Akhir Atma Jaya Yogyakarta Program Studi Teknik Sipil. Yogyakarta.

Fish, Richard. 2005. Planning, Transportation & Estates Traffic Engineering Manual 4 Pedestrian Crossing. United Kingdom: Cornwall County Council. (e-book)

Jain, Udit, dan Rajat Rastogi. 2016. World Conference on Transport Research – WCTR 2016 Shanghai. Re-Examination of PV2 Criteria for Developing Pedestrian Crossing Warrants, 1717(8). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/317423974_Re-Examination_of_PV_2_Criteria_for_Developing_Pedestrian_Crossing_Warrants.

Tanan, Natalia. 2012. Kajian Celah Yang Diperlukan untuk menentukan fasilitas penyeberangan pejalan kaki (Study on gap acceptance to dtermine pedestrian crossing fasilities). Laporan Tugas Akhir

Tanan, Natalia. 2017. Pedoman Bahan Konstruksi Bangunana dan Rekayasa Sipil. Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Jurnal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Priastama, Pungkas. 2015. Analisis Dan Perancangan Kebutuhan Jembatan Penyeberangan Orang (Studi Kasus Jalan Diponegoro dan Jalan Laksda. Adisutjipto Yogyakarta). Laporan Tugas Akhir Universitas Atma Jaya Yogyakarta Program Studi Teknik Sipil. Yogyakarta.

Sahari, Wira, dan Slamet Widodo. 2016. Kajian Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Pada Ruas Jalan Di Area Komersial Kota Pontianak (Studi Kasus: Jl Teuku Umar – Jl. Hos Cokroaminoto, Kota Pontianak) Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura

Siswanto, Joko, dan Julianto Teguh. 2008. Analisis Kebutuhan Jenis Fasilitas Penyeberangan Jalan Berdasarkan Gap Kritis (Studi Kasus PT. Sido Muncul Ungaran – Jawa Tengah). Tim Pengajar Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Diponegoro. Semarang.

Wicaksono, Y.I, dan Joko Siswanto. 2011. Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Jalan Dengan Metode Gap Kritis (Studi Kasus Jalan Raya Semarang – Kendal Km 16.50). Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.24167/gsmart.v4i1.1894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats