INISIASI PENGUATAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA PANTI ASUHAN BETLEHEM

Henrita Ernestia, Manasye Sabri Agustaputra, Nurul Khadijah, Ciciliananda Bela Novidwiyani, Florentina Dewi Pramesuari, Megi Juliantini

Abstract


Latar Belakang : Pandemi COVID-19 mengubah cara hidup dan membatasi aktivitas keseharian setiap orang termasuk penghuni panti Asuhan Betlehem di Kota Semarang. Kondisi pandemi yang berkepanjangan berdampak pada praktik personal hygiene dan penerapan protokol COVID-19. Masalah ini terjadi karena kurangnya edukasi kesehatan dan keterbatasan ketersediaan sarana prasarana yang dibutuhkan.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di lingkungan panti dan mengukur preaseptabilitas kebutuhan dan kesiapan komunitas untuk perubahan perilaku khususnya mengenai perubahan perilaku personal hygiene dan perilaku sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Metode : Jenis penelitian ini adalah preliminary study (studi pendahuluan). Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi adalah pengurus panti, penghuni panti yang sudah tinggal di panti lebih dari 1 tahun, dapat berkomunikasi dengan baik, dan bersedia terlibat dalam proses intervensi yang dilakukan. Sedangkan kriteria ekslusi adalah anak panti yang tidak tinggal di asrama, dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi berstruktur dan observasi langsung, Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat dimana peneliti hanya menyajikan data secara deskripif.

Kesimpulan : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan dapat memberikan potensi perubahan perilaku menjadi lebih baik. Walaupun penelitian ini merupakan  penelitian pendahuluan (preliminary study), tetapi data yang diperoleh dapat menjadi masukkan dan mapping bahwa intervensi untuk perubahan perilaku di panti asuhan bisa ditingkatkan ke level penelitan yang lebih besar.


Keywords


personal hygiene; protokol kesehatan COVID-19; perubahan perilaku; panti asuhan



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v1i1.3716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233