POTENSI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.) DAN EKTRAK ETANOL 96% DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) TERHADAP BAKTERI Proteus mirabilis

Nur Patria Tjahjani, Dyah Widhi Lestari

Abstract


Latar belakang : Daun binahong (Anredera  cordifolia (Ten.) (Steenis) dan daun sirih hijau (Piper betle L.) sudah banyak dikenal masyarakat sebagai antiseptik alami untuk perawatan dan pencegahan berbagai macam penyakit yang diakibatkan virus dan bakteri seperti, infeksi saluran kemih yang diakibatkan oleh bakteri Proteus mirabilis. Daun binahong dan daun sirih hijau dapat sebagai antiseptik karena mempunyai kandungan zat aktif bakterisida.

Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan potensi antibakteri ekstrak etanol 70% daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) dan ekstrak etanol 96%  daun sirih hijau (Piper betle L.) terhadap bakteri Proteus mirabilis.

Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode difusi cakram Kirby Bauer. Pada metode ini dilihat zona jernih yang dihasilkan dari disk kosong yang telah diberi ekstrak daun binahong dan ekstrak daun sirih hijau dengan konsetrasi 20%, 40%, 60% dan 80% untuk diinkubasi pada suhu dan waktu yang sesuai.

Hasil dan Kesimpulan : Dari penelitian yang dilakukan replikasi sebanyak 3 kali dapat disimpulkan ekstrak etanol 96% daun sirih hijau (Piper betle L.) menunjukkan potensi antibakteri yang lebih kuat dalam menghambat pertumbuhan bakteri Proteus mirabilis dibandingkan dengan ekstrak etanol 70% daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) dalam berbagai konsentrasi.


Keywords


Ekstrak daun binahong; ekstrak daun sirih hijau; Proteus mirabilis



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v1i1.3331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233